Pada Agustus 2017 lalu, PT Farmsco Feed Indonesia—yang merupakan bagian dari Harim Group—memulai kiprahnya di Indonesia. Memiliki lahan seluas 17,2 hektar, pabrik pakan asal Korea Selatan ini dibangun di Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.
Berpengalaman di industri pakan
Farmsco di Korea sendiri telah dikenal luas dan merupakan salah satu perusahaan dengan pertumbuhan yang pesat. Sejak didirikan pada 1973, Farmsco mampu memenuhi sebagian besar pasar pakan dan makanan produk hasil hewan di Korea, dengan menyediakan pakan untuk semua jenis ternak. Kegiatan ekspor produk pakan ke sejumlah negara pun telah dilakukan. Atas dasar pengalaman inilah, Farmsco yakin masuk ke pasar Indonesia dengan membawa segala keunggulannya.
Ditemui secara langsung, Kwun Chun Nyun, President PT Farmsco Feed Indonesia mengungkapkan, ketertarikannya berinvestasi di Indonesia salah satunya dikarenakan ekonomi Indonesia yang terus meningkat setiap tahun, sehingga konsumsi daging khususnya daging ayam pun turut meningkat. Di masa depan, ia memiliki ekspektasi bahwa kenaikan ini akan terjadi beberapa kali lipat. “Saya yakin Indonesia akan menempati posisi top di dunia karena Indonesia sudah memiliki kekayaan sumber daya, baik manusia maupun alamnya. Jadi, kami memutuskan investasi ke pasar Indonesia untuk membagikan pengalaman, keahlian serta pengetahuan kami,” lanjut Kwun.
Kualitas menjadi perhatian yang utama bagi Farmsco sejak awal. “Kami memproduksi pakan berdasarkan pengalaman dari Korea, sehingga kami siap menyediakan produk yang memiliki kualitas tinggi. Saya yakin hal ini dapat mendukung peningkatan usaha serta benefit bagi peternak,” ungkap Kwun.
Tidak hanya itu, masyarakat dengan gaya hidup sehat yang semakin meningkat juga menjadi perhatian perusahaan ini. Farmsco ingin memberikan nilai lebih dalam produk pakannya untuk hasil produksi peternakan yang lebih aman, sehat, dan juga higienis. “Kami akan menyediakan produk-produk berkualitas. Dengan begitu kami berharap, gaya hidup masyarakat Indonesia bisa lebih meningkat lagi,” harap Kwun.
Ia melanjutkan, prioritas utama Farmsco adalah customer, atau dengan kata lain Farmsco selalu fokus pada kepuasan customer untuk meningkatkan kualitas produknya. “Yang terpenting bagi kami, bagaimana bisa mendukung customer dalam mencapai keberhasilan usahanya secara berkesinambungan,” sambung Kwun.
Pakan berkualitas
Dukungan teknologi mutakhir untuk menghasilkan pakan yang berkualitas.
Bangunan pabrik PT Farmsco Feed Indonesia menempati area seluas 8 hektar. Kapasitas produksi dari pabrik tersebut mencapai 40.000 metrik ton per bulan. Untuk saat ini, Farmsco memproduksi pakan ayam petelur (layer), ayam pedaging (broiler), dan breeder yang didukung dengan berbagai fasilitas mutakhir yang menunjang untuk pengolahan pakan. PT Farmsco Feed Indonesia juga didukung secara penuh oleh divisi Research and Development (RnD) Center dari Korea.
“Produksi awal kita sudah melebihi target dari yang direncanakan. Kita berharap kedepan lebih mendapat kepercayaan dari customer,” ungkap Lee Kang Cheol, Production Director PT Farmsco Feed Indonesia.
Lee juga menuturkan, produk pakan yang ditawarkan oleh Farmsco tersedia lengkap untuk berbagai tahap produksi. Dengan pemilihan bahan baku yang berkualitas dan selektif serta teknik pengolahan yang berbeda menjadikan pakan Farmsco memiliki komposisi nutrisi yang didesain secara khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang dan aman bagi ternak.
PT Farmsco Feed Indonesia didukung oleh divisi pengolahan jagung di Gorontalo yang sudah beroperasi sejak 2010. Divisi ini merupakan bagian dari Harim Group. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Farmsco. “Kami terus meningkatkan kualitas jagung, sehingga dengan kualitas jagung harus baik maka kualitas pakan juga baik,” ungkap Lee.
Awal tahun 2018 menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh industri pakan di Indonesia terhadap penerapan bebas penggunaan antibiotic growth promoter (AGP free) dalam pakan. Kwun memberikan komentarnya terkait hal ini. “Pakan kami yang di Korea sudah AGP free empat tahun lalu. Kami sangat paham sistemnya. Teknologi ini akan kami terapkan di produk pakan PT Farmsco Feed Indonesia,” tutur Kwun.
Kedepan Farmsco akan mengembangkan pakan untuk ternak unggas lainnya serta pakan aqua. “Kami ingin memperluas bisnis yang terintegrasi di Indonesia,” ucap Kwun.
No. 1 Partner, Everyday with Farmsco
Dengan mengusung slogan “No. 1 Partner, Everyday with Farmsco”, pelayanan menjadi salah satu yang diunggulkan oleh Farmsco. Hal ini diungkapkan oleh Park Ju-Hyun, Vice President Sales and Marketing.
Kompetisi yang semakin ketat menjadikan Farmsco menyusun strategi lebih baik. “Tentunya kami menyiapkan kualitas pakan yang stabil dan tim yang kuat baik dari segi kemampuan secara teknis maupun hubungan yang lebih dekat dengan customer,” ungkap Park. Salah satunya adalah dengan menyediakan ruang berbagi pengetahuan dengan pelanggan melalui kegiatan seminar.
Sejauh ini, respons yang didapatkan dari customer sangat baik. Permintaan dari customer terhadap pakan produksi Farmsco pun cukup besar. “Awal produksi baru diperkenalkan ke customer area Banten dan Jawa Barat,” ungkap Park. Kedepan pakan Farmsco ditargetkan akan mengisi sentra-sentra peternakan ayam di seluruh wilayah Indonesia.
Sebagai awal, fokus utama Farmsco yakni pada kualitas produk dan pelayanan. Dengan begitu, maka pakan dapat diterima dengan baik oleh customer. “Kami berharap produk kami bisa diterima pasar Indonesia dan berkembang secara baik,” ungkap Park. Adv