Peluang Usaha Perunggasan di Batam

article-image

Kota Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau dan merupakan kota dengan populasi terbesar ketiga di wilayah Sumatera setelah Medan dan Palembang. Metropolitan Batam terdiri dari tiga pulau, yaitu BatamRempang dan Galang yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Lokasi Batam yang strategis terletak pada jalur perdagangan Internasional, menjanjikan masa depan yang cerah.

Pertumbuhan ekonomi Kota Batam yang lebih tinggi dibandingkan dengan laju pertumbuhan ekonomi nasional menjadikan wilayah ini andalan bagi pemacu pertumbuhan ekonomi secara nasional maupun bagi Provinsi Kepulauan Riau. Beragam sektor penggerak ekonomi meliputi sektor komunikasi, sektor listrik, air dan gas, sektor perbankan, sektor industri dan alih kapal, sektor perdagangan dan jasa merupakan nadi perekonomian kota Batam yang tidak hanya merupakan konsumsi masyarakat Batam dan Indonesia tetapi juga merupakan komoditi ekspor untuk negara lain. Keberadaan kegiatan perekonomian di kota ini juga dalam rangka meningkatkan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan masyarakat.

Tak terkecuali sektor pertanian, termasuk sub sektor peternakan. Pembangunan sub-sektor peternakan merupakan dari pembangunan sektor pertanian yang memiliki nilai strategis, antara lain dalam memenuhi kebutuhan pangan hewani masyarakat, yang diketahui mutlak untuk perkembangan dan pertumbuhan. Dalam rangka mencapai tujuan pembangunan peternakan untuk memenuhi kebutuhan gizi maka pembangunan peternakan saat ini diarahkan pada pembangunan peternakan yang lebih maju melalui pendekatan kewilayahan, penerapan teknologi tepat guna dan penerapan landasan baru yaitu efisiensi, produktivitas dan tetap mampu bersaing baik pada skala lokal, regional, nasional, maupun internasional dan berkelanjutan.

Potensi di bidang peternakan difokuskan pada seperti ayam broiler, telur, ayam kampung, bebek dan puyuh serta non unggas seperti sapi dan babi yang dipusatkan di Pulau Bulan.

Perunggasan di Batam mulai berkembang tahun 2000-an. Seiring dengan bertambahnya populasi penduduk dan peningkatan pendapatan per kapita masyarakat, permintaan terhadap komoditas protein hewani ini semakin meningkat pula.  Selain itu, penduduk yang heterogen, banyak tenaga kerja asing dan turis  terutama dari Singapura.

Perkembangan unggas khususnya broiler terlihat signifikan, adanya poultry shop yang memenuhi kebutuhan peternak untuk DOC, pakan dan lainnya. Meskipun peternak yang ada masih skala kecil, namun geliat untuk beternak ayam cukup kuat.

Ketersediaan sarana produksi ternak (sapronak) yang memadai, menjadi alasan mendasar yang mendukung cepatnya perkembangan perunggasan di Batam, Sehingga memudahkan peternak untuk mendapatkan barang kebutuhan untuk kepentingan peternakan mereka. Walaupun masih didatangkan dari luar Batam, tidak menyurutkan hasrat untuk beternak. Serta mulai adanya kemitraan yang sangat membantu peternak untuk perkembangan usahanya.

Pulau Batam juga memiliki keunggulan karena terletak pada pusat Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Singapura (IMS-GT/Growth Triangle). Dengan kondisi seperti ini, menjadikan Batam, sebagai pintu gerbang masuknya produk-produk dari negara lain, terutama Malaysia dan Singapura. Juga dikenal dengan wilayah Free Trade Zone (FTZ) atau daerah perdagangan bebas. Namun dalam pelaksanaan pemasukan maupun pengeluaran untuk produk-produk peternakan tetap mengacu kepada peraturan pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan.

Transportasi sudah cukup baik, melalui bandar udara maupun pelabuhan. Hal inilah yang membantu supply DOC ke Kota Batam menjadi lebih baik. Tidak terkecuali dengan telur. Kebutuhan telur untuk Kota Batam disuplai 80% – 90% dari Medan, sisanya disuplai sendiri dari Batam.

Kondisi inilah yang diharapkan dapat mendorong stakeholder untuk membuka breeding di Batam. Meli.

 

 

 

 

Comments
  1. 3 / 19 / 2014 1:30 PM

    “PELUANG USAHA MODAL KECIL”
    Bagi agan-agan yang yg ingin usaha tapi bingung ingin usaha apa??
    Langsung saja mencoba “USAHA PPOB Pembayaran Online FASTPAY” hanya modal 100rb..
    Anda bisa BUKA USAHA pembayaran tagihan : Listrik,Pdam,pulsa,game online, Tiket kereta api,Tiket pesawat,TV,kartu Kredit,Asuransi, DLL . TANPA SYARAT Apapun langsung bisa buka diRumah !!
    INFO Kunjungi : http://www.fastpaynasional.com HP: 081335640101

    Reply

Nickname:

E-mail:

Homepage:

Your comment:

Add your comment