Air minum merupakan salah satu kunci keberhasilan manajemen budidaya.
Air merupakan zat yang sangat penting bagi unggas, karena ada sekitar 60 persen dari bobot ayam memiliki komposisi berupa carian. Jika dilihat lebih dalam lagi, di setiap organ dan komponen tubuhnya sebagian besar terdiri dari air. Contohnya yaitu dalam darah, terdapat 83 persen komponen penyusun berupa air, 75-80 persen penyusun otot juga berupa air, serta 75 persen dari otak juga terdiri dari air. Maka dari itu, air memegang peranan yang sangat penting bagi kehidupan ayam.
Secara fisiologis, air berperan untuk keberlangsungan proses biologis dan kimiawi dalam tubuh. Selain itu, air juga berperan untuk mengangkut nutrisi maupun sisa-sisa metabolisme yang bersifat racun bagi tubuh. Fungsi lainnya dari air adalah berperan pada proses pernapasan pengaturan suhu tubuh, jalannya sistem syaraf.
Baca Juga : Avian influenza masih mengancam
Ayam yang tidak diberi ransum akan mampu bertahan kurang lebih selama 15-20 hari. Namun jika tidak diberi air minum sama sekali, hanya mampu bertahan selama 2-3 hari saja. Ayam masih mampu bertahan walaupun kehilangan sebagian besar lemak di dalam tubuhnya, maupun jika kehilangan 50 persen dari jumlah protein di dalam tubuhnya.
Sedangkan jika ayam kehilangan 20 persen saja cairan tubuh, dampaknya bisa berujung kematian. Oleh karena itu, penyediaan air untuk ayam di kandang, menjadi titik sentral bagi kesuksesan manajemen budi daya ayam, baik untuk petelur maupun pedaging. Perlu juga diketahui, bahwa ayam memperoleh air dari beberapa sumber yaitu air minum, air dari bahan makanan, air dari hasil oksidasi karbohidrat, lemak, dan protein. Pakan komersial unggas yang beredar di pasaran saat ini hanya mengandung kadar air sebesar 10%. Oleh karena itu, air minum bagi ayam sangatlah penting. Domi
Baca Juga : Menghadapi era tanpa agp telusuri sumber kontaminasi
 Artikel ini adalah kutipan dari artikel lengkap yang telah dimuat di Majalah Poultry Indonesia Edisi April 2018 di halaman 84 dengan judul “Kualitas Alat dan Air Minum Unggas Terjaga, Performa Ayam Meningkat”. Untuk berlangganan atau informasi lebih lanjut silahkan mengirim email ke: sirkulasi@poultryindonesia.com atau hubungi 021-62318153