Agrinex Expo Segera Digelar

Para narasumber dalam soft launching Agrinex Expo ke-11.

 

POULTRY INDONESIA, JAKARTA-- Bertempat di Kementerian Pertanian (12/1), tim penyelenggara menggelar soft launching menuju acara tahunan Agrinex Expo. Acara yang kesebelas kalinya itu akan digelar pada tanggal 31 Maret-2 April 2017 di Jakarta Convention Center (JCC).

Ketua penyelenggara, Ir. Rifda Amarinna, mengatakan, bahwa Agrinex Expo bukan sekedar expo agribisnis, tapi sebuah gelaran edukasi dan promosi yang menampilkan wajah agribisnis Indonesia dan menyatukan rasa oprtimisme di sektor agribisnis untuk Indonesia yang lebih baik.

Rifda juga menambahkan, untuk tahun ini tema yang diangkat adalah “Food for all seasons”. Menurutnya, tema ini dipilih sebagai harapan bahwa semua stakeholder pertanian di Indonesia mampu menjamin ketersediaan pangan di negeri ini untuk semua musim sepanjang tahun.

“Lewat Agrinex Expo ini, kita berharap terjadi kerja sama semua pihak untuk terciptanya swasembada pangan. Agrinex bukan ajang cari uang penyelenggara, kami adalah penyelenggara idealis yang selalu mendorong industri agribisnis dalam negeri agar dapat menjadi tuan di negeri sendiri”, ujar Rifda.

Senada dengan Rifda, Prof. Herry Suhardiyanto selaku rektor Institut Pertanian Bogor yang ikut hadir pada acara ini, mengungkapkan bahwa Agrinex Expo sebagai wahana interaksi para pelaku usaha pertanian, diharapkan akan menjadi pembaru dalam bidang pangan.

“Bisnis di bidang pangan itu tidak pernah putus, karena setiap hari orang butuh makan. Maka dari itu bisnis pada bidang ini akan terus berkembang,” jelasnya.

Ketua umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Ir. Dyah Anita Prihapsari, MBA juga memberikan tanggapan. “Kita harus punya kedaulatan pangan bukan saja ketahanan pangan, kalau cuma tahan nanti hanya bisa bertahan tapi tidak berdaulat,” kata dia.

Dyah Anita juga mengaku bahwa fokus kerja IWAPI saat ini ada pada bisnis bidang pertanian dan peternakan. “Kami sangat mendukung acara ekspo seperti ini. Harapannya, dengan adanya Agrinex Expo, hal ini dapat memotong rantai distribusi sehingga petani maupun konsumen diuntungkan.”

Sutarto Alimoeso yang pernah menjabat Direktur Utama Badan Urusan Logistik (BULOG) ikut andil juga dalam membahas masalah pangan pada kesempatan ini. Menurutnya, Indonesia seolah-olah dianggap kalah dengan kemampuan produksi pangan negara Thailand dan Vietnam.

“Kita sebenarnya tidak kalah, hanya saja mereka mempunyai data surplus produksi yang benar-benar dihitung dengan baik sehingga mampu ekspor, sedangkan di negara kita kadang-kadang hitungan data masih belum begitu baik.” Dia juga memuji bahwa Agrinex Expo mempunyai kelebihan yaitu tidak hanya berpikir untuk memamerkan produk saja, namun termasuk di dalamnya terjadi interaksi, edukasi, dan transaksi. 

- Farid Dimyati -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com