ASOHI dan PINSAR Gelar Bakti Sosial

POULTRY INDONESIA, BOGOR-- Wajah anak-anak begitu ceria. Pagi yang cerah dengan latar belakang gunung sampah yang menjulang tinggi tak membuat anak-anak patah semangat mengikuti seluruh rangkaian acara. Nuansa itu terpancar pada acara bakti sosial dan kampanye gizi dalam rangka memperingati Hari Ayam dan Telur Nasional 2016, yang diselenggarakan oleh Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI) dan Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar Indonesia). Bertempat di Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang Bekasi, Jawa Barat pada hari Sabtu (15/10).

Mengusung tema “ Ayam dan Telur Meningkatkan Gizi dan Prestasi Anak Bangsa”, sangat cocok dengan hari dimana setiap tanggal 16 Oktober diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia. Selain itu, tempat dimana acara ini dilaksanakan juga sangat tepat sebagai wujud bakti para putra terbaik bangsa terhadap pemenuhan gizi anak-anak negeri yang terpinggirkan. “Sebagian besar anak-anak yang sekolah ditempat ini adalah anak para pemulung yang setiap hari bergelut dengan gunungan sampah”, ujar Nadam selaku pendiri sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang sembari menunjuk gunung sampah yang ada dibelakang sekolah.

Ricky Bangsaratoe mewakili Pinsar Indonesia dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini adalah dalam rangka peringatan Hari Ayam dan Telur Nasional yang puncaknya diselenggarakan di Banjar Baru, Kalimantan Selatan. “Acara ini merupakan bentuk sosialisasi kami kepada warga masyarakat akan pentingnya protein hewani asal unggas, dan sebagai bentuk rasa syukur kami, akan ada sedikit bantuan sumbangan yang diberikan pada anak-anak disini”, ujar Ricky.

Acara yang diikuti oleh puluhan anak-anak usia dini tersebut tampak begitu meriah. Keseriusan, keluguan, dan canda tawa adalah guratan corak yang turut serta mewarnai bakti sosial dan kampanye gizi kali ini. Selain itu, ibu-ibu yang mendampingi anak-anak mereka juga turut antusias, apalagi saat materi tentang pentingnya pemenuhan gizi terhadap keluarga dipaparkan sangat apik dan menarik oleh drh. Rakhmat Nuryanto, MBA. “ Protein hewani yang dari unggas itu sangat baik untuk kecerdasan otak anak-anak ibu, dan khusus untuk otak itu tidak bisa digantikan oleh protein nabati yang dari tumbuh-tumbuhan”, papar Rakhmat dalam meyakinkan peserta akan pentingnya gizi dalam keluarga.

Pada sela-sela rangkaian acara berlangsung, drh. Rakhmat Nuryanto, MBA selaku mantan ketua umum ASOHI periode 2010-2015 yang saat ini menjabat Dewan Penasehat pada organisasi yang sama, ketika ditemui Poultry Indonesia mengatakan bahwa yang mendasari diadakannya kegiatan ini salah satunya karena keprihatinan terhadap tingkat konsumsi daging penduduk negara Indonesia yang masih rendah, apalagi jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. “Dengan adanya sosialisasi pentingnya mengkonsumsi protein hewani, serta harga ayam dan telur yang tergolong murah dan terjangkau, itu saya pikir sangat strategis”, pungkas Rakhmat.

Masih dalam kesempatan yang sama, menurut salah satu peserta yang berhasil diwawancari, Iswanah seorang wali murid yang mendampingi anaknya menuturkan bahwa acara seperti ini sangat baik dan bermanfaat. “ Saya menjadi lebih tahu bahwa protein dari ayam sangat baik untuk kecerdasan, kalau anak saya pinter, masa depan akan cerah”, tutur wanita paruh baya saat menutup perbincangan. 

 

- Farid Dimyati -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com