Ayam Goreng Nasi Ulam

Menggabungkan unsur yang berbeda (integrasi) tidak hanya berlaku dalam bisnis, tetapi juga layak terjadi di meja makan. Ayam goreng nasi ulam merupakan salah satu contoh “integrasi” yang ada dan patut untuk dicoba. Ayam goreng sudah tidak asing lagi bagi kita dan nasi ulam merupakan masakan dengan rempah-rempah Indonesia, seperti daun pegagan (Centella asiatica) atau daun kemangi. Dikutip dari berbagai sumber yang menyebutkan bahwa nasi ulam sudah ada di Indonesia sejak lama. Tercatat ada di beberapa daerah seperti Sumatera, Bali dan Jakarta (Betawi).

            Terdapat dua jenis nasi ulam yang menjadi kuliner Betawi. Pertama, nasi ulam berkuah (basah) yang berasal dari Jakarta Utara dan Pusat. Kedua, nasi ulam kering (tidak berkuah) yang bisa ditemukan di Jakarta Selatan. Selain diramaikan dengan beragam bumbu, nasi ulam bisa ditambah dengan berbagai lauk-pauk, seperti telur dadar, nugget bahkan ayam goreng. Aroma wangi rempahnya akan meningkatkan nafsu makan dan ayam gorengnya menambah nilai gizi protein hewani yang diperlukan tubuh. Perpaduan yang sempurna ini bisa “hadir” di dapur, tidak hanya di restoran mewah dengan harga yang mahal.

Proses pembuatannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Tidak lebih dari 1 jam, ayam goreng nasi ulam bisa menjadi menu makan siang maupun malam. Berikut bahan dan cara memasaknya yang diolah dari berbagai sumber. Edoarbet.

 

Bahan :

1 ekor ayam, dipotong 8 bagian

1 bungkus bumbu penyedap ayam goreng

3 siung lengkuas yang diparut

500 gram beras putih yang telah dicuci bersih

750 ml santan dari sebutir kelapa kecil

3 lembar daun jeruk

1 sendok teh garam

3 sendok makan minyak untuk menumis

 

Bumbu yang dihaluskan :

3 siung bawang putih

2 butir bawang merah

1 sendok teh ketumbar bubuk

1/3 sendok teh jintan bubuk

1 buah cabai merah keriting

1 sendok teh terasi yang sudah matang

1 batang serai yang diambil bagian putihnya saja lalu diiris halus

½ sendok teh garam

 

Cara memasak :

Ayam goreng:

  1. Masukkan ayam ke dalam air, masukkan bumbu penyedap ayam goreng, aduk rata lalu masukkan lengkuas yang telah diparut. Masak sampai airnya hampir habis dan ayamnya lunak.
  2. Setelah ayam lunak, goreng ayam hingga berwarna kecoklatan. Gunakan api besar untuk menghasilkan ayam goreng yang renyah di luar dan tetap lembut di dalam.
  3. Setelah ayamnya matang, sajikan dipiring saji lalu sisihkan.

 

Nasi ulam:

  1. Masukkan santan, daun jeruk, dan garam ke dalam panci sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Setelah santan mendidih, masukkan beras lalu masak hingga santannya menyerap ke dalam beras dan menjadi nasi aron.
  2. Setelah nasi sudah menjadi aron, kukus nasi ulam tersebut selama 30 menit atau hingga nasi matang.
  3. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum, lalu angkat dan campurkan dengan nasi dan aduk rata, lalu kukus kembali nasi tersebut kira-kira 10 menit.
  4. Angkat nasi yang sudah matang, lalu sajikan dengan ayam goreng yang telah disiapkan sebelumnya. Tambahkan taburan bawang goreng di atasnya, lalu tambahkan telur dadar dan sambal bila Anda suka
- -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com