Ayam Rica-Rica Kemangi Bumbu Pedas

Terletak di ujung Utara kepulauan Sulawesi tidak membuat Manado hilang dari “pandangan” masyarakat. Daya tarik akan keindahan alam dan kulinernya ini membuat orang sulit untuk lupa akan negeri ini. Taman Nasional Bunaken menjadi salah satu tujuan wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk berkunjung ke daerah yang terkenal dengan motto “Si Tou Timou Tumou Tou” ini. Beberapa sumber menyebutkan bahwa motto yang dipopulerkan oleh Sam Ratulangi ini memiliki arti “Manusia hidup untuk memanusiakan orang lain”.

Selain pantai yang indah tersebut, Manado juga terkenal dengan kuliner salah satunya Ayam Rica-Rica. Rica merupakan bahasa Manado yang berarti pedas, bisa dimaknai bahwa kuliner ini merupakan ayam yang diberi bumbu pedas. Kuliner berbahan baku daging ayam ini bisa disajikan sendiri, karena resep untuk Ayam Rica-Rica bisa dikutip dari berbagai media dan bisa dikreasikan menurut keinginan. Odi.

 

Bahan:

500 gram daging ayam

1 buah jeruk nipis

4 batang serai dipotong-potong 2 cm

1 ikat daun kemangi, siangi

6 lembar daun jeruk diremas-remas

1/2 sendok teh merica / lada bubuk

1/2 sendok teh gula pasir

Garam secukupnya

1/2 sendok teh kaldu bubuk atau sesuai selera

150 ml air

Minyak goreng seperlunya untuk menggoreng dan menumis

 

Haluskan:

7 buah cabe merah besar

7 buah cabe rawit merah

1 buah tomat

8 butir bawang merah

3 siung bawang putih

 

Cara membuat:

  1. Potong-potong daging ayam dan cuci bersih kemudian lumuri air jeruk nipis selama 15 menit. Goreng ayam hingga matang, angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak secukupnya lalu tumis bumbu halus, serai dan daun jeruk hingga harum. Masukkan air, garam, gula pasir, kaldu bubuk, merica, dan aduk rata. Masukkan ayam, aduk-aduk dan kemudian masak hingga kuah menyerap ke daging.
  3. Setelah kuah menyusut dan kental, masukkan daun kemangi lalu aduk rata hingga layu. Matikan api, angkat dan siap untuk dihidangkan
- -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com