Balitnak, Kian Matang di Usia Baru

POULTRY INDONESIA, BOGOR-- Balai Penelitian Ternak (Balitnak) terus berkontribusi bagi perkembangan peternakan Indonesia. Eksistensi Balitnak pun kian kentara hingga usianya yang ke-38. Pada 15 November 2016 lalu, Balitnak merayakan hari lahirnya dengan berbagai kegiatan menarik dan mendidik, dan mengusung tema “Dengan ulang tahun Balitnak ke-38, kita tingkatkan kinerja untuk menciptakan inovasi teknologi peternakan unggul”.

Acara yang diselenggarakan di Auditorium Balitnak, Ciawi, Kabupaten Bogor itu berlangsung meriah. Kebahagiaan pun tidak hanya dirasakan oleh keluarga besar Balitnak, namun juga oleh para tamu undangan. Nampak raut ceria dari wajah-wajah yang ada pada acara tersebut. Kepala Balitnak Dr. Soeharsono, S.Pt., M.Si. pun mengungkapkan rasa gembiranya, karena di usia saat ini, Balitnak masih dipercaya sebagai balai penelitian yang memiliki kualitas dan kredibilitas tinggi. “Kita akan terus berinovasi, memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” ujarnya. Dia juga memaparkan, bahwa perayaan ulang tahun ini menjadi momen regenerasi peneliti. “Peneliti yang sudah mengabdi lama dan perlu pensiun, akan digantikan oleh peneliti-peneliti baru yang tak kalah hebatnya.”

Perayaan ulang tahun Balitnak yang ke-38 tidak semata-mata diisi oleh acara hiburan, namun juga talkshow dan acara kepedulian sosial, seperti santunan yang diberikan kepada anak yatim. Selain itu, ada pula orasi seputar bioteknologi pertanian yang disampaikan oleh Tresnawati Purwadaria. Tidak hanya Tresnawati, namun peneliti lain seperti Prof. Budi Haryanto. Prof. I. Wayan Mathius dan Dr. Hadi Prasetio juga ikut berbagi ilmu dan hasil penelitian di Balitnak kepada para tamu undangan. Setelah itu, suasana pun kembali meriah dengan adanya penampilan seni tradisional, stand up comedy, dan acara kuis yang memiliki berbagai macam hadiah menarik.

Sebagai institusi penelitian peternakan, Balitnak memiliki visi menjadi lembaga penelitian peternakan berkelas dunia dalam menghasilkan inovasi teknologi yang mendukung terwujudnya sisem pertanian industrial. Sejauh ini, hingga di usianya yang ke-38, berbagai teknologi unggulan telah tercipta dan melengkapi kiprah Balitnak. Di bidang bibit misalnya, telah tercipta Domba Komposit Sumatera, Domba Komposit Garut, Ayam KUB dan Itik Master. Selain itu, ada pula inovasi di bidang pakan seperti probion, probiotik, bioplus, probiotik receptalum, probiotik rater, cassaparo dan masih banyak lagi. Seluruh produk unggulan Balitnak telah memiliki hak paten, dan kini terdapat 13 penemuan yang masih dalam proses pengusulan hak paten.

- Adam Rahadian Ashari -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com