Bedah Kandang Bantu Peternak di Lampung

Penyerahan cinderamata kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dalam acara peluncuran Bedah Kandang di Lampung (28/11)

 

POULTRY INDONESIA - Peluncuran program Bedah Kandang di Lampung secara resmi telah dilangsungkan pada 28 November 2017 di Hotel Aston, Bandar Lampung. Acara tersebut dihadiri oleh peternak serta Dinas Provinsi dan Kabupaten.

Dalam sambutannya, Bambang Sutrasno, General Manager Sales PT Charoen Pokphand Indonesia Feedmill Lampung mengatakan, program yang digagas oleh PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) ini ingin memacu para peternak untuk lebih meningkatkan usahanya agar lebih baik, efisien, dan berdaya saing. “Harapan kami, lewat program Bedah Kandang bisa memberikan nilai lebih pada produk yang dihasilkan oleh peternak,” ucap Bambang. Diharapkan pula, sinergi antara pemerintah, swasta, dan peternak terjalin dengan baik sehingga tujuan bersama akan mudah tercapai, yakni menjadikan Lampung sebagai lumbung ternak dan menjadi lumbung ayam dan telur nasional.

Sementara itu, Hamam Wahyu Tri Wibowo, Head of Customer Care & Technical Service Development PT CPI sekaligus Project Manager Bedah Kandang mengungkapkan, di masa depan peternak semakin dituntut untuk lebih efisien dalam produksinya. Dengan adanya bantuan sarana produksi peternakan (sapronak) dari program Bedah Kandang dan pendampingan dari tim CPI, peternak konvensional bisa terpacu menjadi lebih baik untuk mengejar ketertinggalan tersebut. "Kita ingin memberikan bukti nyata bahwa efisiensi dapat tercapai jika didukung sarana dan manajemen yang baik. Pada akhirnya, peternak akan mendapatkan keuntungan lebih,” ungkap Hamam.

Bedah Kandang di Lampung telah dimulai sejak September 2017 dan dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama, sebanyak 15 peternak sudah menerima bantuan peralatan, sedangkan tahap kedua sebanyak 43 peternak sedang menunggu proses pengiriman maupun pemasangan peralatan. Dengan demikian, hingga saat ini, jumlah secara keseluruhan yaitu 58 peternak telah menerima bantuan dari Bedah Kandang.

Sebanyak 9 peternak broiler dan pejantan serta 49 peternak layer dan pullet yang menerima bantuan dari program Bedah Kandang ini melibatkan 14 mitra usaha (agen). Area penyebaran peternak terdapat di 7 kota/kabupaten, meliputi Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Timur, Metro, Lampung Tengah, Peswaran, Pringsewu, dan Tanggamus.

Dukungan terhadap program ini pun datang dari pihak pemerintah setempat. Dessy Desmaniar Romas selaku Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa ia mengapresiasi program Bedah Kandang yang dilakukan oleh CPI. “Dengan adanya Bedah Kandang  akan memberikan harapan juga dukungan yang sangat baik kepada para peternak untuk mengembangkan usahanya karena ada komitmen dari perusahaan besar (CPI) untuk mendukung kemajuan peternak rakyat Lampung,” ungkapnya.

Bedah Kandang merupakan program corporate social responsibility (CSR) dari PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) yang terlaksana melalui Lembaga Karya Pokphand (LKP). Program ini telah dimulai sejak pertengahan 2016, mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, hingga Sumatera Selatan.

Dengan adanya program Bedah Kandang ini diharapkan para peternak konvensional bisa meningkatkan performa selama masa pemeliharaan sehingga lebih efisien dalam pemeliharaan dan berdaya saing, peternak semakin siap dalam menghadapi era keterbukaan dan persaingan usaha yang semakin kompetitif. Sesuai dengan semboyan program Bedah Kandang, yakni mengubah kandang sederhana menjadi lebih optimal.

 

- Lina -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com