BPPT Kembangkan Integrasi Sawit dan Sapi

POULTRY INDONESIA, JAKARTA-- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Pusat Teknologi Produksi Pertanian Kedeputian Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi terus mengembangkan teknologi peternakan model integrasi Sawit Sapi.

Dalam upayanya terhadap penambahan populasi sapi di Indonesia pada tahun 2017 pemerintah menargetkan 3,2 juta ekor sapi betina bunting. “Target ini harus kita dukung bersama supaya kepentingan mensejahterakan rakyat sebagai tujuan bersama bisa dilaksanakan,” terang Eniya Listiani Dewi selaku Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi dalam FGD yang diselenggarakan oleh BPPT mengenai program integrasi Sawit Sapi di Jakarta, (14/2).

Model integrasi Sawit Sapi yang dikembangkan BPPT antara lain berada di tengah perkebunan kelapa sawit di Desa Beringin Makmur, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Di lokasi tersebut diaplikasikan teknologi pakan ternak sapi berbasis limbah sawit, teknologi pakan suplemen spesifik lokasi, teknologi kesehatan hewan, teknologi reproduksi dan teknologi penggembalaan terkontrol yang kesemuanya diberi nama dengan si Pintar dan si Pandai.

Eniya menambahkan, konsekuensi diatas perlu didukung oleh pengadaan pakan dan lahan yang tidak terlalu gampang. BPPT telah menguatkan kompetensinya di sektor pakan. “BPPT penguatan untuk peternakannya itu diwilayah pakan, untuk 2017 kami jadikan unggulan teknologi yang kami kembangkan,” jelas Eniya.

Pengembangan sapi di lahan perkebunan kelapa sawit tantangannya adalah bagaimana menyediakan pakan. “Kami banyak mengandalkan dari limbah industri sawit seperti bungkil sawit, solid dan lain-lain,” ungkap Direktur Pusat Teknologi Produksi Pertanian BPPT Arief Arianto.

 Inovasi yang dilakukan oleh BPPT menurut Arief adalah, mengembangkan bagaimana kita bisa memformulasi agar pakan ternak tersebut memenuhi kebutuhan sapi. 

Tujuan dari FGD ini adalah untuk menciptakan sinergi dan sinkronisasi program kegiatan integritas sawit sapi diantara lembaga pemerintah, industri swasta, BUMN maupun kelompok masyarakat peternak melalui perumusan atau penyempurnaan kajian dan kebijakan yang tepat dengan mengakomodasikan semua kepentingan terkait.

 Diharapkan juga melalui FGD ini, terbentuk suatu forum komunikasi pelaku integrasi sawit dan sapi sehingga kegiatan yang dilakukan lebih teroganisir dan terkoordinir sehingga gaungnya bersifat nasional dan menjadi solusi untuk mengatasi masalah yang ada dalam mencapai target nasional mensejahterakan masyarakat Indonesia melalui swasembada pangan. 

- Aulia -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com