CPI Peduli Bencana Gunung Agung

Penyerahan bantuan dilakukan di halaman kantor CPI Denpasar Bali.

POULTRY INDONESIA - PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) East Area menyerahkan bantuan berupa 50 ton pakan konsentrat sapi untuk Peduli Siaga Peternak Gunung Agung (28/9). Penyerahan ini dilakukan oleh Peraphon Prayooravong selaku President Charoen Pokphand Indonesia East Area kepada Kementerian Pertanian yang diterima oleh I Ketut Diarmita, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Hadir dalam acara ini juga Christian Tiono dan Sanit Yuenna selaku Regional Head East Area Charoen Pokphand Indonesia, I Putu Sumantra selaku Kepala Dinas PKH Provinsi Bali, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Nata Kusuma.

Hal ini dilakukan karena kepedulian CPI terhadap peternak korban erupsi Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali yang bersinergi dengan langkah yang diambil pemerintah untuk mengevakuasi ternak sapi dari lokasi risiko bencana, sehingga dapat meminimalisir kerugian peternak akibat bencana tersebut. “Kami (CPI) ingin membantu peternak korban erupsi terhadap kebutuhan pakan, sehingga kami berikan bantuan pakan konsentrat untuk sapi-sapi mereka yang telah dievakuasi,” ungkap Pherapon.

I Ketut Diarmita mengungkapkan ucapan terima kasih atas partisipasi CPI dalam rangka upaya pencegahan ini. Bantuan ini selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh Kepala Dinas PKH Provinsi Bali yang akan mengatur dan mengawasi pendistribusiannya di lapangan. “Seandainya Gunung Agung meletus kita sudah melakukan langkah-langkah tersebut, stok pakan sudah tersedia untuk masa sulit peternak mencari pakan,” lanjut Ketut. Stok pakan akan dikeluarkan sesuai prosedur dan kebutuhan di lapangan, tidak dibagikan begitu saja. Saat ini peternak masih bisa mencari hijauan pakan di sekitar lokasi penampungan.

Untuk menyelamatkan ternak, serta mengidentifikasi permasalahan dan pengambilan keputusan di lapangan Ditjen PKH membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Kesiapsiagaan Darurat. Saat ini Satgas telah melakukan kegiatan evakuasi ternak yaitu 1.001 ekor sapi, 20 ekor kambing, 3 ekor babi, dan 3.000 ekor unggas ke lokasi penampungan. Tempat penampungan menyebar di 24 desa, 14 Kecamatan, dan 5 Kabupaten yaitu Kab. Karangasem, Kelungkung, Gianyar, Buleleng, dan Bangli.

Setelah penyerahan bantuan yang dilakukan di halaman kantor CPI Denpasar Bali, bantuan berupa 50 ton pakan konsentrat dan 3 buah truk untuk bantuan evakuasi ternak di distribusikan ke kantong-kantong penampungan ternak. Pemberian konsentrat untuk sapi ini lebih diutamakan karena pemeliharaan yang sulit, dan kemungkinan kerugian yang tinggi dibandingkan dengan unggas yang bisa segera dijual ke pasar.

- Yuliana -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com