Disnak Jatim: Kepala Baru, Semangat Baru

POULTRY INDONESIA, JATIM-- Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo pada  (27/12)  di  Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, melantik 72 pejabat Eselon II dan 531 Pejabat Eselon III. Pelantikan ini merupakan bagian dari reformasi struktural, di mana ada 55 SKPD, 14 Badan, 5 RSUD dan 9 Biro. Termasuk dalam pelantikan kali ini adalah Ir. Rohayati, MM yang menduduki sebagai Kepala Dinas Peternakan, yang menggantikan Ir. Maskur, MM yang sudah memasuki masa pensiun.

Pada sambutannya, Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, minta para pejabat eselon yang dilantik agar bekerja dengan baik dengan memerhatikan kepedulian pada masyarakat bawah. Ia  janji akan terus mengawasi kinerja para pejabat struktural dan mengevaluasinya. Apabila tidak baik, mereka harus siap diganti.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa usai tahun baru nanti akan mengunjungi setiap SKPD dan menanyakan program kerjanya. Tak hanya itu, kinerja para pejabat yang habis dilantik ini akan dievaluasi setiap tahunnya. “Para pejabat eselon ini harus memerhatikan soal kepedulian terhadap masyarakat lapisan bawah. Kepedulian ini harus menjadi program penting masing-masing SKPD. Saya akan cek dan awasi terus kinerjanya, jadi akan saya evaluasi setiap satu tahun,” katanya.

Ia mengatakan, sesuai UU No. 23 Tahun 2014 dan PP No. 18 tahun 2016, Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta untuk mendukung program pembangunan atau menjadi mesin pembangunan yang efektif dan efisien. Pakde Karwo minta para ASN yang dipimpin pejabat yang baru dilantik ini untuk melihat kondisi masyarakat khususnya di Jatim. “Penyederhanaan ini tidak mengubah efektifitas. Jadi efektifitas dulu baru efisiensi,” katanya.

Terkait pelantikan ini, Gubernur Soekarwo sangat mengapresiasinya. "Ini hal luar biasa yang harus kita syukuri karena belum semua provinsi selesai Perda tentang perubahan struktural ini. Ini harus kita apresiasi karena artinya hubungan antara DPRD dan pemerintah daerah di Jatim sangat baik," katanya.

Perubahan struktural ini salah satunya adalah penambahan satu Bakorwil dari 4 menjadi 5, yakni Bakorwil Jember. Fungsi Bakorwil, lanjutnya, bertambah sebagai badan perwakilan provinsi dan berkoordinasi dengan bupati atau wali kota di wilayah bakorwil masing-masing, sehingga mendapat tambahan fungsi di antaranya bidang pendidikan, sosial, kehutanan dan juga tenaga kerja. 

 

- Yafi -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com