FAO dan ADHPI Gelar Workshop Kurikulum Kesehatan Unggas

 

 Para peserta workshop kurikulum kesehatan unggas

 

POULTRY INDONESIA - Semakin bertumbuhnya industri perunggasan di Tanah Air, ilmu seputar kesehatan unggas juga semakin berkembang. Hal ini yang membuat FAO ECTAD Indonesia kemudian menggandeng Asosiasi Dokter Hewan Perunggasan Indonesia (ADHPI) untuk mengadakan sebuah workshop tentang kurikulum kesehatan unggas di Hotel Santika, TMII, Jakarta (26/9).

Dalam sambutannya, drh. Erry Setyawan dari FAO ECTAD Indonesia mengatakan bahwa acara workshop diadakan untuk membahas kurikulum kesehatan unggas. Menurutnya, hal ini merupakan salah satu bentuk perhatian FAO kepada kemajuan industri perunggasan. “Saya berterima kasih kepada ADHPI selaku partner pada kegiatan kali ini dengan mengundang para akademisi kedokteran hewan dari beberapa kampus seperti IPB, UGM, UB, UNAIR, dan UNPAD. ADHPI dipandang oleh FAO sebagai organisasi yang kompeten dalam membuat kurikulum kesehatan unggas,” ujarnya.

Dia melanjutkan, potensi perunggasan di Indonesia masih besar, hal ini mendorong FAO ECTAD Indonesia untuk terus fokus pada peningkatan kapasitas dan kerjasama dengan pemerintah, salah satunya yang berkaitan dengan dunia unggas. “Pendampingan ke peternakan unggas komersil, sosialisasi biosecurity secara berkelanjutan, dan pada hari ini mengadakan workshop untuk merumuskan kurikulum kesehatan unggas. Harapannya nanti bisa diterapkan langsung baik di kampus maupun di industri perunggasan,” imbuhnya.

Sementara itu drh. Kamal selaku pelaksana kegiatan dari Asosiasi Dokter Hewan Perunggasan Indonesia (ADHPI) mengungkapkan bahwa ADHPI beserta pelaku industri yang memang secara praktis melakukan tugas sehari-hari menangani masalah kesehatan unggas diharapkan dapat turut serta berkontribusi untuk pengembangan perunggasan Tanah Air.

Tak jauh berbeda dengan drh. Kamal, Prof. Bambang Ponco dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) mengatakan bahwa pada prinsipnya PDHI sangat mendukung kegiatan penyusunan kurikulum kesehatan unggas yang diinisiasi oleh FAO dengan ADHPI. “Dalam rangka meningkatkan kompetensi bidang perunggasan bagi lulusan kedokteran hewan, acara ini sangat baik sekali. Sudah sangat tepat mengundang juga para akademisi dari Asosiasi Fakultas Kedokteran Hewan Indonesia (AFKHI) dalam diskusi siang ini,” ungkap Bambang.

- Farid -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com