Isu Telur Ayam Kampung Palsu Beredar, FGD Segera Digelar

Diskusi digelar oleh Yayasan Alatan Habasaron Nusantara, Rabu (13/9), untuk menanggapi isu beredarnya telur ayam kampung palsu di pasaran. 


POULTRY INDONESIA - Menanggapi berita yang banyak beredar di media tentang telur ayam kampung palsu, Bambang Krista, ketua Gabungan Pembibit Ayam Lokal Indonesia (GAPALI) mengungkapkan bahwa tidak ada telur ayam kampung palsu yang beredar di masyarakat.

“Telur yang beredar saat ini merupakan telur asli yang diproduksi oleh ayam, bukan merupakan telur palsu yang terbuat dari bahan-bahan kimia. Saya setuju jika ke depannya perlu ada pelabelan yang jelas mana telur ayam kampung dan mana telur ayam arab agar konsumen tidak dirugikan,” ungkapnya.

Hal itu disampaikannya dalam Focus Group Discussion (FGD) di Balai Penelitian Ternak Ciawi, Bogor, Rabu (13/9). FGD ini menghadirkan peserta dari berbagai kalangan seperti Gabungan Pembibit Ayam Lokal Indonesia (GAPALI), Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), dan Balai Penelitian Ternak itu sendiri sebagai tuan rumah acara.

Senada dengan Bambang Krista, Taufik Ahmad, Deputi Pencegahan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha juga berpendapat bahwa pada saat ini kebanyakan masyarakat memang belum bisa membedakan mana telur ayam arab dan telur ayam kampung.

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian perlu melakukan dan menetapkan pendefinisian ayam lokal ini (ayam kampung dan ayam arab) dengan jelas sehingga tidak membingungkan masyarakat. “Secara perspektif persaingan usaha tidak ada masalah, yang lebih tepat berbicara nanti adalah lembaga yang berkaitan dengan perlindungan konsumen," ujarnya.

 

- Farid -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com