Jambore Peternakan Nasional Berlangsung Meriah

Presiden meninjau potensi ternak Indonesia dalam acara Jambore Peternakan Nasional 2017 di Cibubur, Minggu (24/9).

 

POULTRY INDONESIA - Berlokasi di Buperta Cibubur, Jambore Nasional 2017 sukses dilaksanakan. Acara ini merupakan lanjutan dari Kejuaraan Seni Kontes Domba Garut Piala Kemerdekaan Tahun 2016 yang pada saat itu disaksikan langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo di Istana Bogor.

Tak ingin terputus hanya sampai kegiatan kontes, maka tahun 2017 ini Kementerian Pertanian RI, Kantor Staf Kepresidenan, dan Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) melaksanakan Kejuaraan Nasional Seni Kontes Domba Garut dan Kambing Kaligesing sebagai salah satu rangkaian acara Jambore Peternakan Nasional 2017 dari tanggal 22-24 September 2017.

Pada puncak acara di hari Minggu (24/9), Presiden RI Joko Widodo hadir untuk memberikan arahan, membagikan piala kepada para pemenang kontes, serta melihat-lihat stan yang ada di acara Jambore Nasional tersebut. Ketika berada di mimbar untuk memberikan arahan, Presiden RI ke-7 ini sedikit bercerita tentang bagaimana pengalamannya dalam memelihara kambing.

“Ketika sepuluh bulan yang lalu, saya itu memelihara lima ekor kambing, tiga betina dan dua jantan. Setelah sepuluh bulan, sekarang menjadi sebelas kambing. Saya kalkulasi, hitung hitungan ekonomi, untungnya gede juga,” jelasnya.

Lalu dalam arahannya, ia juga menekankan agar peternakan yang ada di Indonesia ini dapat berkonsolidasi, sehingga budi daya yang dilakukan oleh peternak menjadi efisien dan pada akhirnya memiliki daya saing baik di dalam maupun di luar negeri.

“Saya masih mau melihat bagaimana industri peternakan yang betul-betul menjadi sebuah korporasi. Yang besar, jumlahnya banyak, tapi yang memiliki adalah betul-betul rakyat, peternak-peternak, bergabung dan berkonsolidasi dalam sebuah organisasi,” pungkasnya.

Pada acara Jambore Peternakan Nasional ini, terdapat pula kegiatan makan 103 ekor kambing guling, yang kemudian mampu memecahkan rekor MURI, dengan titel penyajian dan makan kambing guling terbanyak. Seluruh rangkaian kegiatan pun berjalan meriah dengan dengan banyak hiburan dan edukasi yang tersedia.

- Domi -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com