Kalah Sidang WTO, Indonesia Terancam Banjir Ayam Impor

POULTRY INDONESIA, JAKARTA-- Pada tanggal 22 Desember 2016, World Trade Organization (WTO) dalam sidangnya menyatakan bahwa pengetatan impor 18 produk pertanian yang dilakukan Indonesia untuk melindungi petani dan peternak lokal dinilai melanggar perjanjian dagang internasional, dan tidak konsisten dengan perjanjian General Agreement on Tariffs and Trade (GATT) 1994.

Sidang ini dilakukan berdasarkan gugatan yang dilayangkan pemerintah Amerika Serikat dan Selandia Baru kepada Indonesia terkait hambatan impor yang diterapkan Indonesia terhadap produk makanan termasuk daging sapi dan unggas.

Menurut Arief Daryanto, selaku peneliti ekonomi pertanian asal IPB mengatakan bahwa terlepas pemerintah Indonesia mengajukan banding, ancaman importasi komoditas dan produk ayam ras di Indonesia semakin nyata. “Pasar daging di Indonesia harus siap membuka diri terhadap daging ayam segar dan beku dari negara-negara eksportir daging ayam di dunia, antara lain dari Brazil, Uni Eropa, Thailand, China, Turki, Ukraina dan Argentina,” ujar Arief melalui surat elektroniknya kepada Poultry Indonesia.

Menanggapi isu ini, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian saat ditemui di Jakarta, Jumat (23/12), I Ketut Diarmita mengungkapkan, dengan adanya putusan WTO yang menyatakan Indonesia telah melanggar kesepakatan perjanjian internasional GATT, dia mengaku telah berkordinasi dengan Kementerian Perdagangan untuk mengusulkan banding. “Kita mengupayakan banding untuk melindungi petani kita,”jelas Ketut.

Mengutip data dari Kementerian Perdagangan, total neraca perdagangan Indonesia dengan Amerika Serikat dari Januari-Oktober 2016 senilai US$ 19,27 miliar. Sedangkan untuk total neraca perdagangan Indonesia dengan Selandia Baru dari Januari-Oktober 2016 tercatat senilai US$ 832,48 juta. 

 

- Farid -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com