Mahasiswa Indonesia Ramaikan Kongres IVSA Malaysia

Dua mahasiswa asal UGM yang ikut serta mewarnai penyelenggaraan IVSA 2017. (Foto: Andre)

 

POULTRY INDONESIA - Kongres International Veterinary Student Association (IVSA) yang ke-66 berlangsung hangat di Malaysia. Kegiatan bergengsi bagi mahasiswa kedokteran berskala mancanegara itu pun diikuti delegasi asal Indonesia, di antaranya Andre Firmansyah dan Atika Marwa dari Universitas Gadjah Mada.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 24 Juli-4 Agustus 2017 itu pun memiliki rangkaian kegiatan seperti general assembly, workshop, international stands, cultural night serta auction.

Andre mengatakan, bahwa dirinya sangat bersyukut dapat menghadiri acara tersebut. “Ini adalah pengalaman berharga di hidup saya.  Pengalaman ini membuka wawasan saya mengenai organisasi bertaraf internasional, berbagai kultur pelajar, pengetahuan baru, sistem pembelajaran di berbagai negara, hingga kesempatan membuka jaringan pertemanan yang lebih luas lagi,” ujarnya.

Dia pun merekomendasikan mahasiswa kedokteran lainnya di Indonesia agar ikut serta dalam acara serupa di waktu yang akan datang.

Bukan hanya mahasiswa Indonesia asal UGM yang hadir pada acara tersebut. Ada pula 5 delegasi dari Institut Pertanian Bogor, 2 delegasi dari Universitas Brawijaya, 2 delegasi dari Universitas Udayana, dan 1 delegasi dari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Mereka ikut serta dalam menyumbangkan pemikiran demi terciptanya pendidikan veteriner yang lebih baik lagi.

Salah satu kegiatan utama pada penyelenggaraan IVSA 2017 adalah workshop and lecture. Pada agenda tersebut, terdapat pemaparan materi yang merujuk kepada tema tahun ini yaitu “One Health”.  Delegasi diberikan materi dan dilanjutkan oleh praktik di masing-masing bidang. 

Workshop and lecture diberikan oleh pemateri yang sudah ahli di beberapa bidang seperti one health, avian, wildlife, small animal, dan big animal. Pemberian materi mengenai World Organization for Animal Health dan World Animal Protection (WAP) turut disampaikan pada IVSA Congress kali ini, untuk membuka wawasan terhadap bagaimana peran organisasi kesehatan hewan dunia dalam menangani suatu keadaan di berbagai negara di dunia. 

Tak hanya itu, ada pula acara yang menarik perhatian. Di sana, terdapat sesi cultural night, atau sebuah malam di mana berbagai negara delegasi IVSA Congress dapat mempelajari bermacam budaya. 

Umumnya, para delegasi akan mengenakan pakaian khas negara masing-masing dan membawa berbagai makanan dan minuman yang dibawa langsung dari negaranya.  Tidak jarang pula ada penampilan tarian hingga alunan lagu dan musik dari berbagai negara dipersembahkan kepada delegasi-delegasi IVSA Congress lainnya. 

- Adam -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com