Menggali Potensi Ayam Lokal Cianjur

POULTRY INDONESIA-- Pada sore yang agak mendung, Budi Abdurrahman, sedang asyik menggendong ayam. Namun, ayamnya bukanlah broiler atau layer yang bisa dicari di pasar becek. Ayam yang dipelihara Budi memiliki berat delapan kilogram, dan berharga jutaan rupiah.

“Ini ayam pelung khas Cianjur. Primadona kampung sini. Harganya saja bisa sampai puluhan juta kalau sudah bagus suaranya,” jelas Budi, pemilik peternakan ayam pelung Pusaka. Dia mengakui bahwa ayam pelung menjadi daya tarik insan perunggasan di Kabupaten Cianjur. Karenanya, dia meyakini, bahwa slogan Cianjur Jago pun terinspirasi dari kualitas ayam pelung daerahnya.

Namun, suara merdu ayam pelung Budi, tidak semerdu nasibnya kini. Menurut Budi, pemerintah setempat lebih fokus mengurusi ayam ras, dan seolah menganaktirikan ayam lokal. “Padahal ayam pelung seperti ini yang menjadi ciri khas Cianjur,” keluh Budi sambil mengusap ayam peliharaannya.

Dia menyayangkan kondisi yang ada saat ini. Padahal, pada beberapa periode pemerintahan sebelumnya, peternak ayam pelung mendapatkan perhatian yang menyenangkan. Baik itu berupa penyuluhan, obat-obatan, hingga akses untuk terus mengembangkan pembibitan. “Sekarang pun ada, namun tidak seramai dahulu,” jelas Budi.

Ayam pelung memiliki potensi yang sangat besar untuk memunculkan Kabupaten Cianjur sebagai kiblat budi daya ayam lokal. Bahkan, ayam pelung asli Cianjur, termasuk ayam pelung milik Budi, sering kali memenangkan kontes ayam pelung, baik berskala regional maupun nasional.Tetapi tidak saat ini. Karena, peternak ayam pelung seolah berjalan sendiri, dengan modal seadanya.

“Saya bersama teman-teman membuat kelompok ternak, biar ayam pelung ini lestari,” kata Budi. Pria asli kelahiran Cianjur itu pun berharap, bahwa program-program peternakan di Kabupaten Cianjur lebih memerhatikan keberadaan peternak ayam pelung. “Cianjur Jago harus benar-benar berisi program yang jago, dengan peduli kepada peternak ayam pelung. Cianjur Jago jangan hanya slogan saja tanpa bukti nyata,” harap Budi sambil tersenyum.

 

Baca tulisan sebelumnya di sini

- Adam Rahadian, Domi Sattyananda -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com