Mengubah Kandang Sederhana Menjadi Lebih Optimal

Foto bersama pada Launching Bedah Kandang PT CPI

 

POULTRY INDONESIA - PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) resmi meluncurkan program Bedah Kandang untuk wilayah Sumatera Barat pada 31 Oktober 2017 yang diselenggarakan di Bukittinggi, Sumatera Barat, setelah Maret lalu sukses melakukan program serupa di Medan untuk wilayah Sumatera Utara, mengikuti wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur.

Sebanyak 14 kandang peternak ayam yang tersebar di 3 tempat yakni Payakumbuh, Lima Puluh Kota, dan Padang Pariaman telah selesai dibedah.

Program Bedah Kandang ini merupakan salah satu program sosial yang dilakukan oleh Lembaga Karya Pokphand (LKP) sebagai komitmen CPI mendukung kemajuan peternakan Indonesia.

“CPI merasa program ini sangat dibutuhkan oleh peternak karena setiap kandang memiliki performa berbeda-beda, sehingga dengan diberikan bantuan peralatan dan bimbingan teknis, harapannya performa akan lebih optimal sehingga pendapatan peternak meningkat,” ujar Hamam Wahyu Triwibowo, Head of Customer Care & Technical Service Development dan Project Manager Bedah Kandang.

Ia melanjutkan, salah satu syaratnya yaitu peternak dengan kapasitas kandang kecil yang memiliki indeks performa (IP) di bawah 250 yang nantinya setelah dibedah minimal dapat meningkatkan indeks performanya minimal 300 dengan perkiraan peningkatan pendapatan Rp 1.000 per ekor.

Bethmann  Siagian, Head Customer Care & Technical Development CPI  Sumatera Bagian Utara mengungkapkan bahwa melalui program Bedah Kandang ini, CPI ingin memberikan bantuan kepada peternak secara gratis berupa bimbingan teknis serta peralatan peternakan (poultry equipment) untuk memperbaiki atau mengoptimalkan fungsi dari kandang yang dimiliki para peternak tersebut.

Bantuan peralatan yang diberikan berupa tempat pakan, tempat minum otomatis, pemanas atau gasolec yang digunakan saat masa  pemeliharaan anak ayam, kipas, dan tirai. “Terdapat tim di lapangan yang akan mendampingi peternak minimal 2 periode panen setelah dibedah untuk membimbing peternak dalam melakukan manajemen kandang dengan baik,” ujar Bethmann.

Respons pemerintah setempat

Program ini disambut baik oleh Dinas Peternakan Sumatera Barat dikarenakan akan meningkatkan pendapatan peternak di Sumatera Barat. Dalam sambutannya  drh. Erinaldi, MM selaku Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Tingkat I Sumatera Barat mengungkapkan bahwa program ini dapat dikombinasikan dengan program Farm Registrastion Number yang sedang dilakukan oleh pemerintah Sumatera Barat

“Pemilihan peternak yang akan mendapatkan kesempatan ini adalah peternak yang telah teregistrasi sehingga nantinya kandang terstandarisasi dan dapat melakukan good farming practice,” jelas Erinaldi.

Sementara itu, Hamam mengungkapkan harapannya untuk program Bedah Kandang. “CPI  sebagai  pihak  pelaksana  program Bedah  Kandang  pun  berharap kedepannya lebih banyak peternak lagi kandang yang dibedah. Selain itu, seiring dengan meningkatnya kesejahteraan peternak, CPI dan peternak dapat berjalan bersama untuk membangun peternakan yang lebih baik lagi di Indonesia,” tutup Hamam.

Hadir dalam acara ini, Zulkhailisman S.Pt., M.Si., Perwakilan dari Kepala Dinas Tingkat II Kabupaten Padang Pariaman, Ir. Priyadi Budiman Kepala Dinas PKH Tingkat II Kabupaten Lima Puluh Kota dan Usfa Haryati M.,  Perwakilan Kepala Dinas Payakumbuh.

- Yuliana -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com