Menuju VICTAM ASIA 2016

POULTRY INDONESIA, BANGKOK-- VICTAM ASIA hanya tinggal beberapa bulan lagi. Pameran dua tahun sekali, yang bersinergi dengan FIAAP Asia dan GRAPAS Asia ini akan kembali diadakan pada 29 – 31 Maret 2016 di Bangkok International Trade & Exhibition Centre(BITEC).

Hal ini disampaikan oleh General Manager VICTAM International BV, Henk van de Bunt pada press conference di Hotel J.W Marriott, Bangkok 17 November 2015 lalu. Menurut Henk, pameran ini lebih berkembang dari sebelumnya, terbukti untuk kepesertaan sudah terjual 90%. “Maka dari itu, dengan jumlah peserta yang banyak, kami tetapi menggelar pameran ini di BITEC, selain akses yang cukup mudah, juga banyak space yang digunakan oleh exhibitor kami,” akunya.

Henk menceritakan, pertama kali VICTAM Asia diadakan di tempat parkir Hotel Plaza, Bangkok pada 24 – 28 Januari 1991. Saat itu, ada 60 peserta pameran yang menempati area 1.200 m2, dengan total pengunjung sebanyak 800 orang. Kemudian, pada tahun 1993 sampai tahun 2010, VICTAM Asia diadakan di Queen Sirikit National Convention Center. Lalu, pada tahun 2012, penyelenggaraan VICTAM Asia berpindah ke BITEC sampai sekarang. “Kami pindah dari Queen Sirikir National Convention Center karena tempat yang terlalu kecil. Dengan perkembangan pameran yang terus berjalan, tentu kepesertaan semakin meningkat, sehingga kami memilih BITEC karena tempat yang lebih besar,” paparnya.

Tahun 2014 lalu, peserta juga lebih banyak dari penyelenggaraan tahun sebelumnya. Pengunjung pada 2014 sebanyak 6134 orang yang berasal dari 63 negara, dan pada tahun 2016 nanti, 91% dari mereka akan kembali hadir. “Lebih 50% dari mereka mencari pemasok dan produk baru,” ujar Henk.

VICTAM Asia merupakan ajang pameran yang diselenggarakan untuk memperkenalkan peralatan dan teknologi terbaru yang digunakan dalam produksi pakan ternak, pakan ikan dan pakan hewan kesayangan. Mulai tahun 2014 lalu, VICTAM Asia berfokus pada berbagai peralatan dan teknologi terkini yang dapat memberikan solusi peningkatan produksi dan mengefisienkan biaya produksi. Selain itu, sektor peralatan untuk memproduksi biomass pellet beberapa tahun terakhir juga telah banyak mendapatkan perhatian. Hal ini karena biomass pellet dianggap sebagai alternatif sumber energi hijau baik di wilayah Asia-Pasifik maupun di dunia.

 

Saling bersinergi

VICTAM Asia 2016 juga akan digelar bersamaan dengan FIAAP Asia 2016 (pameran bahan baku, aditif, dan formulasi pakan), dan GRAPAS Asia 2016 (pameran pengolahan biji-bijan dan penyimpanan).

Henk mengatakan, perusahaan-perusahaan internasional akan menampilkan berbagai macam teknologi dan inovasi terbaru mereka. Adapun di antaranya yakni Biomin, Olmix, Tyson Animal Nutrition Group, Kemin Industries Asia, Amandus Kahl, Buhler (Wuxi) Commercial, Famsum (Muyang Holdings), Stolz Asia, Van Aarsen International, Agromatic, Altuntas, GSI Group, Foss, dan masih banyak lagi.

Henk menyoroti sinergi antara VICTAM dan FIAAP, mengingat pentingnya memahami bahan yang ditambahkan ke dalam formulasi pakan. VICTAM mengenai teknologi produksi pakan, sementara FIAAP berfokus bahan-bahan dan aditif pakan. “Oleh karena itu, sinergi dari kedua pameran ini manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh pengunjung, melainkan oleh peserta juga. Mereka dapat berbicara dengan para eksekutif penting dan menunjukkan keunggulan dari masing-masing produk mereka,” terangnya.

Pada press conference itu pun Henk menunjukkan data yang memproyeksikan pertumbuhan yang signifikan terhadap produksi pakan Asia. Output regional diperkirakan mencapai 319.600.000 ton pada 2018, dari 241 juta ton pada tahun 2011. “Ini menunjukkan pentingnya acara seperti ini untuk pengembangan industri di Asia. Produksi pakan tumbuh lebih cepat di sini daripada di tempat,” ujar Henk menjelaskan.

Menariknya lagi, Henk melanjutkan, VICTAM Asia akan merayakan hari jadinya yang ke-25, tahun depan. Untuk menandai kesempatan tersebut, akan ada sejumlah acara untuk merayakannya. “Acara utama adalah makan malam, di mana pesertanya adalah peserta pameran, VIP, pers, undangan lainnya, akan menikmati malam yang indah bersama kami dengan hiburan yang menarik,” akunya.

Acara baru

Sejak 2014 lalu, pada pameran tersebut digelar dua acara penting yakni, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pakan ASEAN dan Simposium Pakan dan Beras ASEAN. Catelijne de Gooijer, Visitor Promotion & PR Manager VICTAM International BV mengatakan pada acara KTT Pakan ASEAN dihadiri oleh Presiden dan Sekretaris Jenderal asosiasi pakan di kawasan ASEAN, juga pejabat pemerintah terkait. Sedangkan pada Simposium Pakan dan Beras ASEAN dihadiri oleh para anggota dari asosiasi ASEAN, pejabat pemerintah, eksekutif industri, dan lain-lain. Simposium ini juga bisa diikuti oleh semua pengunjung dengan syarat mendaftar terlebih dahulu,” terangnya.

Berlangsungnya pameran ini, sambung Catelijne, tidak lepas dari dukungan dari berbagai macam organisasi, di antaranya: Kementerian Pertanian Thailand, Departemen Peternakan, Departemen Perikanan, Asosiasi Pabrik Pakan Thailand, Asosiasi Penggilingan Beras Thailand, Asosiasi Makanan Hewan Kesayangan Thailand, Kamar Dagang Thailand, dan Biro Pameran Thailand. Press conference diakhiri dengan makan malam, yang diselenggarakan oleh tim VICTAM untuk pers dan perusahaan eksekutif. 

- Meliyana Dahlan -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com