Merayakan Pangan Nasional lewat Agrofood Expo 2017

Antusiasme pengunjung pada acara Agrofood Expo 2017. 

 

POULTRY INDONESIA, JAKARTA - Kekayaan alam Indonesia memang tak bisa terukur oleh angka. Sumber daya yang melimpah pun menjadi anugerah di setiap daerah. Sebagai salah satu bentuk syukur, juga luapan perayaan, orang-orang dengan inisiatif tinggi menggelar sebuah pameran pangan, bernama “Indonesia Agrofood Expo 2017”, yang diselenggarakan ke-17 kalinya.

Acara yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), pada tanggal 11-14 Mei 2017 terebut, sukses menarik minat ribuan pengunjung.

Agrofood Expo bukanlah sebuah pameran biasa. Selain menampilkan hasil pangan unggulan dari berbagai daerah di Indonesia, acara tersebut juga disisipi dengan banyak kegiatan penting dan menarik. Terdapat acara sarat manfaat, salah satunya adalah Buyer Meets Seller.

Agenda itu merupakan temu bisnis antara penjual dan pembeli produk agrobisnis, baik makanan maupun minuman. Dengan adanya ruang tersebut, pemasaran produk-produk berkualitas asli Indonesia dapat tersebar lebih luas.

Selain itu, ada pula talkshow dengan tema yang beragam. Di antaranya, membahas tentang peningkatan daya saing produk perkebunan; prinsip-prinsip label dan kemasan untuk industri, juga, ada mengenai strategi branding.

Pihak pembicara pun beragam. Mulai dari Kementerian Pertanian, asosiasi pangan, hingga para praktisi yang memiliki kredibilitas di bidangnya. Acara itu membuktikan bahwa Agrofood Expo, selain memamerkan produk, juga berupaya meningkatkan kualitas produk melalui pengembangan pengetahuan.

Acara yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla itu pun menjadi etalase kekayaan pangan dalam negeri. Dalam sambutannya, Jusuf Kalla menerangkan, bahwa hasil pangan Indonesia perlu lebih dikenal lagi di kancah internasional.

“Jamu itu produk kita dan harus lebih mendunia lagi,” ujarnya. Dia juga mengatakan, bahwa Korea dan Tiongkok, sudah menjadi percontohan dunia dalam segi produk pangan. Ekonomi mereka bisa maju, tentu begitu pula dengan Indonesia. Jusuf Kalla berharap para produsen pangan Indonesia kian produktif dan meningkatkan daya saing.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Dr. Ir. Penny K. Lukito, berujar, bahwa suksesnya acara ini karena andil dari pihak akademisi, pelaku usaha, dan pemerintah. Seluruh pihak tersebut bahu-membahu unutk pengembangan produk berbahan natural.

Dia juga mengatakan, bahwa acara ini harus menjadi pelecut untuk meningkatkan daya saing. “Kita harus berkontribusi menggerakkan roda perekonomian, serta melestarikan kekayaan alam,” ungkap perempuan berkacamata itu.

Harapan Jusuf Kalla dan Penny K. Lukito sejalan dengan tujuan Ketua Penyelenggara Agrofood Expo 2017, H.M. Sukur Sakka. Dia yang juga merupakan Presiden Direktur PT Wahyu Promocitra, mengatakan, bahwa acara ini memiliki tema “Peningkatan Nilai Tambah, Daya Saing dan Ekspor Komoditi Perkebunan”.

Selain itu, acara kali ini juga bertujuan untuk memfasilitasi dan mempermudah calon pembeli untuk mendapatkan berbagai produk unggulan dan potensial dari semua daerah di Indonesia, termasuk teknologi dan jasa pendukung lainnya. “Serta, meningkatkan kecintaan dan kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi produk pertanian dalam negeri,” imbuhnya.

Agrofood Expo 2017 berlangsung meriah, dengan berbagai kegiatan di dalamnya. Exibhitor yang berasal dari berbagai daerah, ditambah pengunjung dengan latar belakang beragam, semakin membuat gedung pameran menjadi ramai.

Berlangsungnya acara tersebut juga tak lepas dari dukungan berbagai pihak, seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI), Rabobank, serta berbagai pihak lainnya. Agrofood Expo 2017 pun menjadi pameran produk pangan yang senantiasa ditunggu setiap tahunnya.

- ADAM -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com