Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia dianugerahi Gelar Doktor Honoris Causa oleh Universitas Diponegoro

Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama SH., M. Hum & Dr. Thomas Effendy SE, MBA

(Foto: Tatang/CPI)

 

POULTRY INDONESIA, SEMARANG - Hari itu, tepatnya tanggal 23 November mungkin akan menjadi hari penting dan bersejarah bagi Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia  Thomas Effendy SE, MBA yang tak lain telah dianugerahi gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) oleh Universitas Diponegoro dalam sidang senat terbuka di Auditorium Prof. Soedarto SH Undip yang dipimpin oleh Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama SH., M. Hum. dan disaksikan oleh segenap Anggota Senat, Civitas Akademik Undip, serta kurang lebih seribu tamu undangan yang diantaranya telah hadir beberapa perwakilan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi; Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi; Ditjen PKH Kementerian Pertanian, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Akademisi, serta Honorary Consul Kerajaan Thailand.

Saat memberikan sambutan pidato pengukuhan, Rektor Undip mengungkapkan bahwa gelar honoris causa diberikan kepada perseorangan yang memiliki jasa dan karya yang luar biasa di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sosial, budaya, kemanusiaan serta bidang kemasyarakatan lainnya. Thomas Effendy, SE, MBA dianggap sangat patut dan telah memenuhi syarat-syarat ketentuan penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan tersebut atas kontribusinya di bidang Ilmu Sosial Ekonomi Peternakan dalam mengembangkan Pola Kemitraan Usaha Peternakan Ayam Pedaging di Indonesia.

Melalui pola kemitraan, Thomas Effendy telah berhasil mengembangkan bisnis model pola kemitraan usaha ayam pedaging di Indonesia, sehingga menjaga keberlanjutan usaha peternakan di Indonesia. Pendekatan ini merupakan sumbangsih terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya bidang studi Sosial Ekonomi Peternakan; dan bagi kelangsungan industri perunggasan Indonesia. Pola kemitraan diyakininya telah berperan sebagai jaring pengaman keberlanjutan usaha peternakan masyarakat saat krisis ekonomi pada 1997/ 1998 dan saat wabah flu burung tahun 2004 hingga 2007.

Dalam pidato ilmiahnya yang berjudul “Pengembangan Pola Kemitraan Usaha Peternakan Ayam Pedaging dalam rangka Meningkatkan Daya Saing Produksi Unggas Nasional”, Thomas Effendy lebih jauh menyampaikan bahwa pola kemitraan merupakan ujung tombak pembangunan peternakan. Pola kemitraan menjamin peternak mitra mendapatkan keuntungan usaha. Peternak plasma dapat mengalami kerugian hanya bila kinerja budidaya ayam di bawah standar yang disepakati, karena kelalaian dalam penerapan prosedur standar operasi (SOP). Pola kemitraan memungkinkan resiko usaha plasma diminimalkan, baik karena penyakit atau faktor lain, atau pun fluktuasi harga ayam.

Pidato ilmiah yang disampaikan Thomas Effendy berlangsung hampir 30 menit dan suasana berubah menjadi haru saat sesi penutup dimana Thomas menyampaikan rasa terima kasih kepada orang-orang yang telah berjasa dalam kehidupannya terutama pada perusahaan PT Charoen Pokphand Indonesia yang kurang 37 tahun ini telah menempa dirinya serta peran keluarga yang selalu setia mendukung dirinya saat keadaan suka dan duka. “Saya ingin menyampaikan permohonan maaf secara terbuka kepada keluarga dan istri saya apabila kesibukan saya selama ini dalam rangka mengemban tugas perusahaan, telah mengalihkan perhatian saya terhadap kewajiban saya membimbing kalian secara maksimal”, ungkap Thomas.

Riwayat hidup Dr. Thomas Effendy SE, MBA :

Thomas Effendy lahir di Pontianak, pada 30 Januari 1958 dan meraih gelar Sarjana Ekonomi (1983) dari Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara, Jakarta dan pendidkan Master of Business Administration (1995) dari The University of City of Manila, Filipina. Di samping pengembangan pola kemitraan, Thomas Effendy SE.,MBA bersama PT. Charoen Pokphand Indonesia menggagas berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) diantaranya Program Bedah Kandang, Anak Asuh, Bedah PAUD, Beasiswa dan Pembangunan Teaching Farm di beberapa universitas.

- Jessy -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com