PT CPI Raih Penghargaan di Ajang UNS SMEs Summit and Awards 2017

Tjiu Thomas Effendy, President Director PT Charoen Pokphand Indonesia, saat menerima penghargaan dari UNS.

 

POULTRY INDONESIA - Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), kembali menggelar UNS Small Medium Eterprises (SMEs) Summit and Awards 2017.  Salah satu rangkaian dari perhelatan ini adalah malam penganugerahan “Dharma Krida Baraya Adikarya Anugraha” yang berlangsung pada 14 Juli 2017. Penghargaan ini diberikan atas kinerja individu, lembaga pemerintah, BUMN dan swasta dalam pemberdayaan koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) menjadi salah satu peraih penghargaan dalam kategori Perusahaan Swasta Peternakan dan Perikanan Pelaksana CSR Pengembang UMKM Terbaik. Tjiu Thomas Effendy, President Director PT Charoen Pokphand Indonesia pada malam penganugerahaan, mengungkapkan bahwa UNS telah melakukan suatu evaluasi yang sangat baik terhadap perkembangan UMKM dengan menghadirkan kegiatan ini.

“Dalam bisnis peternakan ke depannya, UMKM  yakni peternak kecil atau peternak plasma, mampu berkembang. Sehingga, merupakan suatu kewajiban bagi kita untuk membina para peternak tersebut,” tegas Thomas. Hingga saat ini, CPI sendiri telah membina lebih dari 10 ribu peternak khususnya di sektor broiler.

Dalam kontribusinya mengembangkan UMKM di sektor perunggasan, CPI memiliki sistem kerja sama kemitraan pemeliharaan broiler dalam pola Inti-Plasma. CPI bertindak sebagai Inti dan peternak sebagai Plasma dengan sistem yang saling menguntungkan. “Kita akan maintain kemitraan ini sesuai dengan perkembangan dan situasi dalam industri itu sendiri,” ungkap Thomas. Menurutnya, metode kemitraan ini merupakan bentuk partisipasi dari PT CPI untuk membantu meningkatkan usaha peternak UMKM dengan menjamin mulai dari penyediaan sarana produksi ternak (sapronak) hingga pemasaran hasil produksi.

Di samping itu, CPI juga memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dinamakan Bedah Kandang. Program ini bertujuan membantu para peternak konvensional dengan cara melakukan optimalisasi kandang dengan memberikan bantuan berupa sapronak agar peternak dapat mencapai efisiensi dalam produksinya. Program Bedah Kandang, Thomas mengungkapkan, juga menjadi salah satu komitmen CPI untuk membantu peternak dalam mengembangkan usaha mereka.

Perhelatan UNS SMEs Summit and Awards 2017 yang telah memasuki tahun keenam dalam penyelenggaraannya ini merupakan hasil kerja sama Pusat Studi Pendampingan Koperasi UMKM (PSP-KUMKM) LPPM UNS Solo dengan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia yang merupakan bentuk dukungan UNS terhadap pengembangan Koperasi dan UMKM.

“Peran UMKM harus kita tingkatkan secara terstruktur dan berkelanjutan. Sehingga, diharapkan akan mampu menurunkan angka kemiskinan, menaikkan tingkat pendapatan masyarakat, dan secara umum dapat meningkatkan kesejahteraan sosial dan masyarakat,” ujar Prof. Dr. Ravik Karsidi, Rektor Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Selain itu, penganugerahaan ini diharapkan mampu mendorong instansi, perusahaan, dan individu yang belum berperan dalam pengembangan UMKM untuk ikut berkontribusi.

Selain penghargaan yang diberikan kepada pemenang dari 14 kategori, UNS SMEs Summit and Awards 2017 juga menyelenggarakan seminar nasional dan pameran produk bagi UMKM dampingan program CSR perusahaan dan instansi. PT CPI bersama PT Prima Food International, PT Singa Mas Indonesia, dan PT BISI Internasional turut serta dalam pameran yang berlangsung pada 12-14 Juli 2017 di Gedung Student Center UNS. 

- Lina -

Our Partners

Our Instagram

Our Pages

Contact Us

Address:
Komp. Mangga Dua Square Blok E. No. 23, Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta 14430 - Indonesia

Phone: +62 21 62318153

Fax: +62 21 62318154

Email:
redaksi@poultryindonesia.com
advertisement.poultryindonesia@gmail.com
sirkulasi@poultryindonesia.com
promo.poultryindo@gmail.com