Penyerahan cendera mata dari Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A (kanan) kepada Dr. (HC) Drs. Thomas Effendy, MBA (kiri)
POULTRY INDONESIA, Makassar – Universitas Hasanuddin (Unhas) dan PT Charoen Pokphand, Tbk. telah menandatangani nota kesepahaman sejak tahun 2014. Kerjasama diawali dengan pemberian beasiswa pada mahasiswa tingkat akhir fakultas Peternakan Unhas. Kerjasama tersebut kemudian berkembang pada pemberian beasiswa kepada mahasiswa dan mahasiswi mulai semester awal sampai semester akhir, fakultas Peternakan dan Fakultas kedokteran Hewan Unhas.
Selain itu, CPI juga  telah memberangkatkan mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Peternakan dari 10 unibersitas terkemuka di Indonesia untuk melaksanakan kegiatan akademik ke luar negeri, termasuk ke Thailand. Kegiatan tersebut berupa kunjungan ke pameran perunggasan dan juga ke beberapa industri perunggasan modern.
Pada tanggal 15 Mei 2017 lalu, telah berlangsung penandatanganan MOU bersama yang melibatkan empat perguruan tinggi di Indonesia, yaitu :Universitas Airlangga -Surabaya, Universitas Diponegoro-Semarang, Universitas Hasanuddin – Makassar, Universitas Jenderal Sudirman – Purwokerto, dengan CPI dan Dirjen Penguatan Inovasi (Kemenristekdikti), Dirjen Perternakan dan Kesehatan Hewan (Kementerian Pertanian), dan Dewan Riset Nasional). Sebagai realisasi dari MOU yang ditandatangani di Gedung BPPT tersebut, PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk kemudian memberikan hibah kandang ayam dengan sistem Closed House kepada keempat perguruan tinggi.
Kandang ayam Closed House System di Universitas Hasanuddin ini diresmikan oleh Direktur Jenderal Penguatan Inovasi, Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si yang mewakili Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, pada Jumat (9/3), di Aula Prof. Fachruddin Gedung Paska Sarjana Unhas.
Peresmian ini juga akan dihadiri langsung oleh Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia, Dr. (HC) Drs. Thomas Effendy, MBA, dan President CP Eastern Area Mr. Peraphon Prayooravong, DVM., MBA, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, Dekan Fakultas Peternakan Unhas, Prof. Dr. Ir. Sudirman Baco, M.Sc, serta jajaran pimpinan masing-masing institusi.
Hibah Kandang Ayam Closed House System ini merupakan isyarat bahwa teknologi peternakan ayam potong broiler saat ini sudah masuk pada manajemen tingkat teknologi tinggi. Fakultas Peternakan Unhas, dengan dukungan PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk. kini memasuki fase teknologi tinggi tersebut.
Bagi Fakultas Peternakan Unhas, kandang Ayam Closed House System ini merupakan Teaching Farm yang sangat berguna karena memakai teknologi maju, jika dibandingkan dengan Sistem kandang terbuka yang relatif masih banyak juga digunakan oleh peternak di Sulawesi Selatan. Untuk beberapa saat Tim Technical Service dari Charoen Pokphand masih mendampingi para Dosen dan Mahasiswa agar kedepannya para mahasiswa dan mahasiswi lulusan Universitas Hasanudin adalah sarjana yang sudah paham manajemen dan teknologi pemeliharaan Ayam Broiler dengan sistem dan teknologi modern.
Harapannya, dengan sarana teaching farm modern, mahasiswa dan mahasiswi akan lebih meningkat kemampuannya dan kualitas SDM lulusannya akan menjadi lebih unggul dan kompetitif. PI