Sanitasi kandang merupakan suatu langkah preventif yang dapat mengurangi risiko serangan penyakit pada peternakan unggas
Oleh : Untung Handoyo
Pada saat memasuki fase awal dalam beternak, sudah seharusnya peternak menyoroti tentang pentingnya kebersihan kandang. Kandang ternak yang bersih membuat ayam menjadi sehat, nafsu makan terjaga, memiliki angka feed intake serta Feed Conversion Ratio yang tinggi. Hasilnya, sudah barang tentu menghasilkan telur dalam jumlah banyak. Akan tetapi, masih saja ada beberapa ayam sering terserang penyakit yang mengakibatkan produksi telur turun, bahkan banyak juga yang sampai mengalami kematian. Ayam terserang penyakit apabila terjadi suatu kondisi tubuh ayam tidak mampu menetralisir bibit penyakit yang masuk ke tubuh.
Dengan kata lain, jika ayam mempunyai ketahanan yang rendah maka penyakit akan mudah menyerang, sehingga ketahanan ayam harus ditingkatkan. Ayam akan mempunyai ketahanan terhadap serangan penyakit dengan baik apabila bibit ayam baik, pakan yang diberikan mempunyai gizi dan jatah pemberian yang sesuai kebutuhan, serta air minum dengan kualitas terbaik dan jumlah yang cukup.  Kandang untuk ternak juga harus memenuhi beberapa syarat utama yaitu terlindung dari panas, hujan, angin, aman dari gangguan predator, serta memiliki suhu dan kelembapan sesuai dengan keinginan ternak.
Selain itu, untuk mendapatkan performa terbaik, harus dilakukan vaksinasi dan pengobatan. Juga memperhatikan kepadatan kandang serta sirkulasi udara sesuai dengan berat dan umur. Jika semua persyaratan di atas sudah mampu dipenuhi, peternak juga harus melakukan pencegahan dengan menekan serendah mungkin jumlah dan jenis mikroorganisme patogen di dalam dan lingkungan sekitar.
 Semua faktor yang memberi ketahanan ayam terhadap penyakit tidak dapat diunggulkan secara sendiri-sendiri. Misalnya pakan berkualitas baik, tetapi ayam minumnya sedikit atau bisa juga misalnya kualitas pakan, air minum, kandang, vaksinasi dan pengobatan baik, akan tetapi mikroorganisme patogen di kandang dan lingkungan hadir dalam jumlah dan jenis yang besar, maka sudah pasti cepat  atau lambat ayam akan terserang penyakit baik kronik atau akut. Oleh karena itu, untuk mencegah agar semua itu tidak terjadi, mikroorganisme di kandang harus terkendali.
Artikel ini adalah kutipan dari artikel lengkap yang telah dimuat di Majalah Poultry Indonesia Edisi Juni 2019 dengan judul “Menjaga Serangan Penyakit Melalui Sanitasi Kandang”. Untuk berlangganan atau informasi lebih lanjut silahkan mengirim email ke: sirkulasi@poultryindonesia.com atau hubungi 021-62318153