Infeksi Coryza menyebabkan ayam sulit bernapas dan terdengar mengorok saat tidur (Foto : www.backyardchickens.com)
Oleh :  drh. Muhrishol Yafi
Mengorok adalah salah satu ciri khas dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri di saluran pernapasan ini. Infectious Coryza paling sering terjadi pada ayam dewasa. Infeksi dapat menyebar secara cepat. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Haemophilus paragallinarum, yang merupakan bakteri gram–negatif, dengan bentuk batang atau coccoba-cilli, tercat polar, non-motil, dan tidak membentuk spora. Bakteri ini merupakan organisme yang mudah mati atau mengalami inaktivasi secara cepat di luar tubuh hospes. Bakteri ini terdiri atas sejumlah strain dengan antighenitas yang berbeda dan paling sedikit 3 serotipe, yaitu A,B dan C dikenal sebagai serotipe yang paling virulen.

Ayam yang mengorok bisa jadi merupakan salah satu gejala penyakit Infectious Coryza. Bila dibiarkan berlarut-larut, bukan tak mungkin peternak akan mendapat kerugian.

Hasil penelitian terakhir menunjukkan bahwa serotipe B juga mempunyai peranan pada kejadian Infectious coryza. Infectious Coryza lebih sering di peternakan dengan usia beragam, dengan angka morbiditas (tingkat penularan) yang tinggi tetapi mortalitas (tingkat kematian) rendah. Meskipun demikian, tercatat mortalitas bisa mencapai 20%. Serangan akibat Infeksi ini biasanya bersifat akut samapai kronik, dan penyakit ini sangat menular pada ayam.Di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, penyakit ini paling banyak terjadi di peternakan komersial di California dan bagian tenggara.
Baca Juga : Waspada Koksidiosis pada Unggas
Namun, baru-baru ini terjadi wabah di Amerika Utara yang menyerang pada ayam pedaging dan petelur. Dari kejadian tersebut menunjukkan bahwa penyakit ini tidak bisa dianggap remeh. Sedangkan di negara berkembang, penyakit ini sering terlihat pada anak ayam yang sangat muda, bahkan semuda 3 minggu. Di negara berkembang, penyakit ini umumnya menjadi semakin sulit untuk diatasi karena adanya berbagai infeksi lain, yang mengakibatkan kejadian penyakit menjadi semakin berat dan kerugian ekonomi juga semakin besar.
Artikel ini adalah ringkasan dari artikel lengkap yang telah dimuat di Majalah Poultry Indonesia Edisi Agustus 2018 di halaman 72 dengan judul “Mengenali Penyebab Ayam Ngorok Untuk berlangganan atau informasi lebih lanjut silahkan mengirim email ke: sirkulasi@poultryindonesia.com atau hubungi 021-62318153