Pada penghujung tahun 2018, Farmsco Indonesia menggelar acara dengan mengusung tema “Kemajuan Bisnis Farmsco 2019”. Acara yang berlangsung pada 28 Desember 2018 di Hotel JS Luwansa, Kuningan – Jakarta Selatan ini dihadiri oleh Presiden Direktur Farmsco Indonesia, Kwun Chun Nyun; jajaran direksi dan manajemen Farmsco; karyawan Farmsco yang berasal dari lintas divisi beserta keluarga; dan sejumlah perwakilan keluarga besar Farmsco Group Indonesia, yaitu PT Farmsco Feed Indonesia, PT Cahaya Teknologi Unggas (breeding), dan PT Harim Farmsco Indonesia.
Selain sebagai ajang untuk mempererat jalinan kekeluargaan, acara ini juga menjadi momentum bagi Farmsco untuk kembali membangun semangat dan menyusun target baru dalam menghadapi tantangan di tahun 2019.
Pencapaian di 2018 dan target kedepan
Sejak mendirikan pabrik pakan pertamanya yang berlokasi di Kecamatan Jawilan, Serang – Banten pada 2017 lalu, Farmsco mendapatkan sambutan baik di industri peternakan Indonesia. Pertumbuhannya pun kian pesat. Sepanjang tahun 2018, Farmsco sukses mencatatkan pencapaian target penjualan 25.000 ton. Produk yang dihasilkan semakin lengkap dan berkualitas didukung dengan penggunaan teknologi yang mutakhir dalam proses produksinya.
Saat memaparkan presentasi terkait performa Farmsco tahun 2018, Lee K.C. – Direktur Produksi PT Farmsco Feed Indonesia mengungkapkan bahwa dalam waktu satu tahun Farmsco telah menunjukkan pencapaian yang luar biasa. “Kita juga telah menunjukkan bahwa Farmsco is Different,” pungkasnya. Lee menambahkan bahwa kejujuran, kerja keras, dan nilai-nilai lain yang diterapkan oleh setiap karyawannya ini menjadikan Farmsco ‘berbeda’ dan memiliki keunggulan tersendiri. Peningkatan daya kompetisi, peningkatan kualitas, dan penguatan budaya Farmsco menjadi agenda yang akan dilakukan di tahun 2019 dan seterusnya. Sujai – Manager Produksi PT Farmsco Feed Indonesia turut menambahkan, “selain fokus menaikkan target produksi, kami juga akan menyiapkan lokasi (pabrik) baru untuk mendukung pencapaian target.”
Acara diikuti oleh keluarga besar Farmsco.
Di sisi lain, tim Sales dan Marketing PT Farmsco Feed Indonesia juga menyatakan siap mendukung penuh divisi lainnya dan terus mendorong penjualan produk dengan target yang lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Park Jun Hyun – Direktur Sales dan Marketing PT Farmsco Feed Indonesia mengatakan, beberapa target kedepan antara lain meningkatkan penjualan produk pakan broiler maupun layer, meningkatkan core SDM, nilai penjualan, dan produk yang berkualitas. Target lainnya disampaikan oleh Prasetyo – General Manager Sales dan Marketing PT Farmsco Feed Indonesia. “Selama tahun 2018, penjualan di kategori broiler sangat besar, oleh karena itu kami terus menjalin kerja sama yang baik dengan customer maupun dengan para peternak yang belum mengenal produk kami. Kami juga akan meningkatkan kerja sama di kategori pakan layer yang saat ini sedang berjalan,” papar Prasetyo. Kedepan Farmsco juga akan memperluas segmen pasar dengan memperkenalkan produk baru.
Unit bisnisnya yang lain juga mengalami pertumbuhan dan berhasil melampaui target tahun 2018. Yoon T.S. – Direktur PT Cahaya Teknologi Unggas (CTU), dalam presentasinya menyampaikan bahwa pada 2019, CTU akan meningkatkan target produksi DOC Grand Parent Stock (GPS) dan DOC Parent Stock (PS). Terkait hal itu, Anggiat Sitompul – General Manager PT Cahaya Teknologi Unggas, mengungkapkan bahwa CTU telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk para ahli dalam mengerjakan proyek yang tersebar di berbagai daerah, seperti Pandeglang dan Sukabumi. “Kedepan kami juga berencana untuk membangun hatchery yang akan berlokasi di Sukabumi,” papar Anggiat.
Jika melihat potensi market pakan di Indonesia, Farmsco optimis di tahun 2019 dapat kembali meraih sukses. Kwun Chun Nyun, Presiden Direktur Farmsco Indonesia melihat bahwa saat ini Indonesia berkembang menjadi negara dengan kekuatan ekonomi yang besar. Indonesia juga berada pada posisi penting di Asia khususnya di Asia Tenggara. Dengan adanya pembangunan di berbagai sektor semakin menguatkan ekonomi Indonesia kedepan.
“Terlebih lagi jika kita melihat konsumsi ayam di Indonesia. Pertumbuhan konsumen akan meningkatkan konsumsi ayam menjadi berkali-kali lipat,” terang Kwun. Sementara itu ia melanjutkan, sektor pakan yang merupakan pendukung di industri peternakan maupun perunggasan juga akan mengalami pertumbuhan.
Tren market pakan di Indonesia, menurutnya, akan tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun kedepan. “Saya optimis potensi di Indonesia di masa depan akan menciptakan hasil yang melampaui kisah sukses Farmsco di Korea yang mengalami peningkatan pertumbuhan tiga kali lipat pada 2018,” imbuhnya. Peluang ini yang akan dimanfaatkan dan dimaksimalkan dengan baik oleh Farmsco.
Farmsco menyadari bahwa keberhasilan pencapaian target dan pertumbuhan perusahaan tidak lepas dari kontribusi, andil, dan dukungan para karyawan Farmsco. Ditambah lagi dengan dukungan partner serta mitra Farmsco, menjadikan produk dan pelayanan yang diberikan semakin berkualitas dan memiliki nilai lebih bagi pelanggan.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada tim yang sudah bekerja dengan baik dan kepada mitra yang selalu mendukung, atas pencapaian luar biasa di tahun pertama. Saya juga ingin mengucapkan selamat khususnya kepada para karyawan dan keluarga yang mendukung dan telah menjadi bagian dari keluarga Farmsco,” ungkap Kwun.
Dengan mengusung slogan “No. 1, Every Day with Farmsco”, Farmsco berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. “Kita harus menjadi partner nomor 1 bagi customer. Untuk itu, customer menjadi tanggung jawab kita dan kita harus terus-menerus memberikan yang terbaik,” ujar Kwun mengakhiri presentasinya. Ia berharap di tahun berikutnya Farmsco bersama pelanggan dapat meraih sukses bersama-sama.
Penghargaan karyawan terbaik
Penyerahan penghargaan kepada karyawan terbaik.
Acara yang sekaligus menjadi penutup tahun 2018 ini dipenuhi dengan semangat dari seluruh keluarga besar Farmsco untuk bekerja lebih baik di tahun mendatang. Untuk memberikan motivasi lebih besar, Farmsco mempersembahkan penghargaan kepada karyawan terbaik 2018 dengan hadiah berupa uang tunai dan piagam. Pemberian piagam juga dipersembahkan kepada karyawan yang telah berhasil mencapai target di tahun 2018. Acara kemudian diakhiri dengan makan malam bersama dan dimeriahkan dengan sajian hiburan musik serta penyerahan souvenir secara simbolis oleh Kwun Chun Nyun.