Penyerahan secara simbolis bantuan dari Cargill kepada salah satu kelompok peternak di bawah binaan yayasan AgroEdu Jampang, Bogor (25/4).
POULTRY INDONESIA, Bogor – PT Cargill Indonesia serahkan bantuan berupa 25 ekor domba, 1 buah kandang, pakan konsentrat, obat-obatan, dan alat pencukur bulu domba kepada salah satu kelompok peternak di bawah binaan yayasan AgroEdu Jampang dalam program Rural Development Campaign 2018.
Sebagai salah satu perusahaan pakan ternak yang sudah berdiri sejak 1974, Cargill concern melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR) untuk meningkatkan manfaat bagi masyarakat sekitar. Selain kegiatan peningkatan nutrisi dan penyumbangan buku di sekolah-sekolah, merenovasi sekolah hingga memberikan beasiswa kepada siswa-siswi pilihan, Cargill terus mendukung pengembangan komunitas petani dan peternak seperti yang dilakukannya hari ini.
“Kami memiliki cita-cita sederhana yakni bagaimana cara kegiatan ini bisa membantu masyarakat peternak sehingga meningkatkan pendapatannya, serta memastikan generasi-generasi muda saat ini masih mau bertani dan beternak,” ungkap Totok Setyarto, Business Development Director PT Cargill Indonesia dalam sambutannya di  Desa Tegal, Kecamatan Kemang, Bogor (25/4).
Baca juga : Rantai Pasok Bahan Pakan Lokal Strategis Menjadi Perhatian
Sementara itu, Arief Susanto, Corporate Affairs Director PT Cargill Indonesia mengatakan bahwa Cargill memiliki beberapa bisnis di Indonesia dan juga program-program CSR. “Kami berharap Cargill bisa terus berkontribusi dalam pengembangan komunitas lokal di seluruh wilayah Indonesia,” jelasnya. Ia juga berharap, bantuan berupa 25 ekor domba bisa dikembangkan oleh peternak.
Sejalan dengan Cargill, PT Novus International Indonesia turut berkontribusi dalam CSR Cargill dalam kesempatan ini. “Harapan kami kegiatan ini akan berjalan sukses dan ke depan akan ada kegiatan lain lagi yang bisa membawa manfaat banyak untuk masyarakat,” ujar Wully Wahyuni, Country Director PT Novus International Indonesia.
Bantuan juga diberikan dalam bentuk pakan konsentrat.
Kebutuhan protein hewani khususnya daging akan terus berkembang seiring pertumbuhan penduduk dan peningkatan pendapatan masyarakat. “Pemerintah targetkan produksi daging dapat meningkat 1,02% dibandingkan tahun 2017 yang telah mencapai 180.725 ton di Kota Bogor dengan cara meningkatkan populasi produktivitas secara komprehensif serta penerapan teknologi pakan dan manajemen yang baik,” papar Ir. Hj. Siti Farikah, MM. selaku Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor yang ikut meresmikan penyerahan bantuan ini.
Kegiatan CSR Cargill kali ini bekerja sama dengan yayasan AgroEdu Jampang yang didirikan oleh sepasang suami istri Aditia Ginantaka dan Heni Sri Sundani. “Kerja sama budidaya penggemukan domba ini kami kembangkan 4 tahun lalu, bermula dari ketidaksengajaan kami ketika silahturahmi dengan Bapak Abdul Muid peternak yang berada tidak jauh dari tempat kami tinggal dan masih belum tersentuh edukasi dan membutuhkan dukungan untuk pengembangan peternakannya,” jelas Aditia.