POULTRYINDONESIA,Subang – Program Bakti pada Guru (BPG) kembali digelar PT. Charoen Pokphand Indonesia melalui Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI). Kabupaten Subang menjadi daerah ke-30 untuk penyelenggaraan BPG yang diadakan di Gedung Graha Betha Wiguna, Subang pada 20 – 21 Agustus 2019.

Dimulai pada bulan Juli 2017, program ini juga mendukung keputusan Perpres tentang “ Penguatan Pendidikan Karakter” yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo. Sejalan dengan tujuan Charoen Pokphand dengan pemerintah untuk penguatan karakter pada dunia pendidikan khususnya pada guru. Pada pelaksanaan program ini CPFI bekerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (UNDIP) serta Dinas Pendidikan dan Pemerintahan Daerah setempat.

Para peserta Program Bakti Pada Guru, Subang 20 -21 Agustus 2019

Pelatihan program Bakti Pada Guru yang diselenggarakan di Subang ini telah mendukung program Subang JAWARA yaitu (Jaya, Istimewa dan Sejahtera). Pemerintah Subang mempunyai visi terwujudnya Subang yang Bersih, Maju, Sejahtera dan Berkarakter. Dari visi karakter ini sama dengan visi yang dilakukan oleh Charoen Pokphand Indonesia. Sebanyak 108 orang peserta hadir dalam kegiatan bertemakan penguatan pendidikan karakter guru IDEAL (Inspiratif, Dedikatif, Empatik, ber- Akhlak mulia dan ber-Luhur Budi) di ikuti oleh Guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di wilayah Kab. Subang.

Pada sambutannya, Andi Magdalena selaku SekJend Charoen Pokphand mengatakan, “Kami berfikir apa yang bisa kami perbuat pada dunia pendidikan khususnya untuk para guru. Banyak permasalahan guru tentang karakter, seperti hubungan guru dengan lingkungannya dan guru dengan orang tua muridnya. Kemudian kami mencoba menghubungi teman kami dari Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, responnya sangat baik dan kegiatan ini terus dilakukan diberbagai daerah di Indonesia,” ujarnya.

Para peserta dalam pelatihan pengembangan karakter.

Melalui kegiatan BPG ini diharapkan dapat mendukung selogan pemerintah tentang “SDM Unggul Indonesia Maju”. Pemerintah Subang berharap dengan adanya program ini dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan untuk para guru terutama yang non PNS. Pendidikan karakter merupakan kunci penting dalam membentuk kepribadian anak. Selain di rumah, pendidikan karakter juga perlu diterapkan di sekolah dan lingkungan sosialnya. Penguatan karakter generasi muda perlu dilakukan agar memiliki keunggulan dalam persaingan global abad 21.

Charoen Pokphand Foundation Indonesia bersama jajaran pemerintah dan aparat setempat.

Hadir pula Dandim 0605 Subang, Kapolsek Subang, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Subang, Kadis Peternakan dan Keswan Kab. Subang serta Drh. Cipto Surono selaku BU Head PS West 4 dan Nyoman Sukastawa BU Head GP Subang dari Charoen Pokphand Indonesia Area Subang.