Penyerahan santunan anak asuh dari CPI kepada siswa SDN 6 Cibingbin (17/4).
Setelah sukses diselenggarakan di sejumlah daerah, kali ini Kabupaten Kuningan menjadi lokasi ke-12 sebagai tempat berlangsungnya program Bakti pada Guru (BPG). Kegiatan yang diselenggarakan pada 17-18 April 2018 ini diikuti oleh guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Unit Kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan.
“Saya sangat mengapresiasi program ini, semoga bisa melahirkan guru yang inspiratif, dedikatif, empatik, berakhlak mulia, dan berbudi luhur dan dapat menghasilkan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kuningan,” ujar Dede Sembada, ST selaku Plt. Bupati Kabupaten Kuningan dalam acara Pembukaan Progam Bakti Pada Guru (17/4) yang berlangsung di Gedung PGRI Kabupaten Kuningan.
Acara ini juga dihadiri oleh Kadis Pendidikan Kuningan, Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si; Kadis Pertanian, Ir. H. Triastami; Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan, Ukas Suharfaputra SP. MP.; Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Ir. Nursamsi; Kabid Perkebunan Dinas Pertanian, Ir. Ely Rosmayanti; Ketua PGRI Kabupaten Kuningan, H. Pipin Mansyur Arifin, M.Pd.
Selain itu, hadir pula Suparman Sastrodimedjo selaku Komisaris PT CPI, Andi Magdalena Siadari selaku Sekjen CPFI, Ir. A. Bagus Pekik selaku General Manager Marketing – West Java 1 CPI, jajaran manajemen Charoen Pokphand Group, serta Dr. Hastaning Sakti, M.Kes. Psikolog selaku Dekan Fakultas Psikologi UNDIP yang akan memberikan pelatihan pendidikan karakter kepada para guru yang menjadi peserta program ini.
Para guru di Kabupaten Kuningan yang mengikuti program BPG.
H. Dudung Dulajid, tokoh perunggasan Jawa Barat dan Direktur Utama AS Putra Group sekaligus inisiator pelaksanaan program Bakti Pada Guru di Kabupaten Kuningan menyampaikan bahwa ia ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dan merasakan perlunya program pendidikan karakter ini untuk para guru di Kuningan. Suparman Sastrodimedjo, Komisaris PT CPI mengatakan bahwa CPI menyambut baik hal tersebut dan mengharapkan para tokoh di daerah-daerah lainnya juga dapat melakukan hal yang sama.
“Mudah-mudahan sumbangsih kami ini bisa diterima dan kegiatan ini bisa bermanfaat. Kami juga berharap, setelah mengikuti pelatihan pendidikan karakter ini para guru akan mendapatkan pembekalan tentang metode yang bisa diaplikasikan di era globalisasi seperti saat ini,” tutur Suparman.
Pada kesempatan yang sama, dilakukan pula penyerahan santunan anak asuh CPFI kepada 15 siswa SDN 6 Cibingbin oleh Dede Sembada, ST selaku Plt. Bupati Kabupaten Kuningan dan Suparman Sastrodimedjo selaku Komisaris PT CPI.
CPI bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (UNDIP) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Progam Bakti Pada Guru untuk memberikan pelatihan pendidikan karakter. Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 87 Tahun 2017 mengenai Penguatan Pendidikan Karakter yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 6 September 2017 di Istana Negara.