Kontes Ayam Pelung 2018 Terselenggara atas kerjasama antara Fapet Unpad, Hippapi Jabar, dan Pemprov Jabar
POULTRYINDONESIA, Sumedang – Kontes Ayam Pelung (KAP) Fapet Universitas Padjajaran (Unpad) 2018 sukses digelar pada hari Minggu (2/9) di Plaza Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Sumedang. Acara tersebut memperebutkan piala Gubernur Jawa Barat dan melibatkan ratusan ekor Ayam Pelung. Lomba tersebut terdiri dari beberapa kategori, yaitu Kategori Suara, Kategori Penampilan, serta Kategori Bobot Badan.
KAP merupakan hasil kerjasama antara Asosiasi Himpunan Peternak Penggemar Ayam Pelung (HIPPAPI) Jawa Barat, Kelompok Profesi Ternak Unggas (KPTU) Fapet Unpad, dan Pemprov Jabar. Menurut Iman Hernaman selaku perwakilan dari dekanat Fapet Unpad mengatakan bahwa acara tersebut sangat baik karena menjadi wadah apresiasi bagi para peternak ayam lokal, khususnya Ayam Pelung. “Kontes ini merupakan ke-16 kalinya diadakan di kampus Fapet Unpad. Pertama kali diadakan pada tahun 2003 hingga sekarang ini animo masyarakat masih sangat tinggi terhadap kontes,” ujar Iman.
Baca Juga : Langkah Mudah Meningkatkan Produktivitas Ayam Lokal
Acara ini merupakan salah satu bentuk nyata kecintaan insan akademik Fapet Unpad terhadap plasma nuftah asli dari negeri sendiri yang harus dilestarikan. “Acara ini tentunya sangat baik mengingat tujuannya yaitu melestarikan plasma nuftah ayam lokal kita. Jangan sampai ayam lokal ini punah dan hanya menjadi kenangan,” ucap Iman. Ayam Pelung juga saat ini memiliki penggemar yang semakin banyak. Jika dulunya hanya ada di pulau Jawa, sekarang sudah merambah hingga luar pulau Jawa.
Menurut Deden Jimat selaku wakil ketua HIPPAPI Jawa Barat, saat ini banyak terlihat pemain baru yang merambah dunia ayam pelung, baik di budi daya maupun pembibitannya. “Banyak sekali pemain baru, dan pemain lama juga masih banyak yang bertahan. Sedikit sekali pemain lama yang berhenti,” ungkap Deden.
Artikel ini merupakan artikel lengkap yang telah dimuat di Majalah Poultry Indonesia Edisi Oktober 2018 di halaman 40 dengan judul “Fapet Unpad Gelar Kontes Ayam Pelung”. Untuk berlangganan atau informasi lebih lanjut silahkan mengirim email ke: sirkulasi@poultryindonesia.com atau hubungi 021-62318153