Suasana Konferensi Pers yang digelar di Barbertown Coffee, Bellanova Country Mall Sentul Bogor, Senin (6/8).

POULTRY INDONESIA, JAKARTA–Menyambut datangnya Hari Raya Kurban yang jatuh pada Hari Rabu Tanggal 22 Agustus 2018, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama dengan Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) dan duniasapi.com menggelar Festival Hewan Kurban 2018. Festival Hewan Kurban adalah sebuah  kegiatan yang merupakan bagian dari Program Pemasaran Produk Unggulan Desa dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Dalam acara yang akan digelar pada Tanggal 8-22 Agustus 2018 ini, merupakan suatu momen di mana para peternak Indonesia bisa berkumpul menjadi satu tempat, mereka bisa memamerkan ternak unggulannya kepada masyarakat dan sekaligus menjadi ajang untuk saling tukar informasi dan sharing.  Hal yang menarik dari event Festival Hewan Kurban ini akan diselenggarakan di salah satu pusat perbelanjaan yaitu di Bellanova Country Mall Sentul Bogor, di mana ajang ini merupakan salah satu cara memfasilitasi para komunitas peternak dan bisa sebagai media promosi yang efektif untuk melakukan transaksi bisnis untuk para pengusaha peternakan serta pengusaha produk-produk pendukung peternakan lainnya.

Dalam Konferensi pers yang diadakan di Barbertown Coffee, Bellanova Country Mall Sentul Bogor (6/8), Yuda Mahesa selaku panitia pelaksanan event ini mengatakan akan ada beberapa rangkaian kegiatan dalam acara yang digelar 15 hari tersebut, di antaranya ada Bursa Hewan Kurban. Dalam Bursa Hewan Kurban ini akan disediakan booth untuk para peternak untuk memamerkan dan memperjualbelikan ternak mereka, tentu saja ternak yang akan dijual nanti adalah ternak yang sudah memiliki jaminan kesehatan, dan harganya pun dijamin sangat terjangkau.“Melalui Bursa Hewan Kurban ini akan mempermudah masyarakat untuk membeli hewan kurban dengan nyaman dan dengan sistem yang sudah disiapkan dengan sangat baik,” ujar Yuda.

Selain Bursa Hewan Kurban, akan ada juga Bazar Produk Peternakan yang merupakan salah satu media untuk memamerkan sarana produksi peternakan, produk-produk peternakan utama, produk pendukung bisnis peternakan, dan produk-produk olahan lainnya. Menurut Sony Endra Busono selaku perwakilan dari duniasapi.com dan juga perwakilan dari Prof. Rochadi Tawaf dari PPSKI, dengan diselenggarakannya acara ini nanti harapannya bisa menyelamatkan peternakan Indonesia, “Harapannya nanti dengan diadakannya acara ini bisa memberikan sumbangsih untuk dunia peternakan Indonesia,” tambah Sony.

Pada saat pembukaan Festival Hewan Kurban yang akan digelar pada Tanggal 8 Agustus 2018 nanti juga akan diadakan lauching aplikasi android FORPATE, yang merupakan aplikasi untuk membuat formula pakan ternak. Aditya selaku Reserch and Development FORPATE yang sekaligus mewakili Dr. Ir. Rd. Hery Supratman mengatakan bahwa  FORPATE  merupakan suatu terobosan baru, dimana aplikasi ini dapat digunakan oleh peternak skala perorangan untuk meracik sendiri pakan konsentrat mereka, sesuai dengan kebutuhan serta juga mampu meningkatkan kadar nutrisi yang terkandung dalam konsentrat.

Aplikasi android yang dirancang dan dikembangkan oleh tim duniasapi.com tersebut merupakan hasil penelitian dan pengujian lapangan selama belasan tahun yang dilakukan oleh Dr. Ir. Rd. Hery Supratman. “Yang mana beliau adalah ahli nutrisi pakan dari Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Bandung,” kata Aditya.