Pada Hari Senin 8 Juli 2019, PT. Mitravet bekerjasama dengan PT. Tri Tunggal Artha Makmur menggelar Seminar yang berjudul “ACIDTEC 401™ Great Choice For AGP Replacement” bertempat di Hotel Santika Premiere ICE BSD. Sebelumnya telah dilaksanakan pula seminar dengan topik yang sama di Blitar pada Hari Senin, 1 Juli 2019.
Dalam sambutannya, drh. Bayu Dewantoro selaku Direktur PT. Mitravet menyampaikan potensi ACIDTEC 401™ sebagai Pengganti AGP. “Penggunaan antibiotik di lapangan tidak hanya digunakan untuk pengobatan penyakit saja, tapi juga dimanfaatkan sebagai growth promoters atau pemacu pertumbuhan. Uni Eropa dan Amerika sudah melarang penggunan AGP. Indonesia juga sudah melarang penggunaan AGP sejak tahun 2018. Penelitian mengungkapkan bahwa pnggunaan AGP menyebabkan residu dan resistensi antibiotik. Bahaya tersebut menjadi latar belakang dilakukanya penelitian pengganti AGP. Probiotik, enzim, essential oil, dan acidifier dari asam organik terbukti dapat menggantikan fungsi AGP. Acidifier adalah pengganti AGP paling potensial ” sambungnya.
Pelarangan penggunaan AGP di Indonesia sudah dimulai sejak awal 2018 melalui PERMENTAN Nomor 14/Permentan/PK.350/5/2017. Penggunaannya sudah terbukti dapat menimbulkan resistensi antibiotik yang mengancam manusia jika mengonsumsi hasil ternak yang mengandung residu antibiotik. Hal ini menjadi dasar terus dilakukannya penelitian untuk mencari alternatif pengganti AGP.

 

Seminar Acidtec 401 Great Choice For AGP Replacment di Hotel Santika Premiere ICE BSD Tangerang.
Potensi ACIDTEC 401 ™ sebagai Alternatif AGP
ACIDTEC 401™ merupakan produk dari LinQtec Thailand. Ms. Chalita Wongpukdee selaku Technical Product Officer dari LinQtec menyampaikan jika ACIDTEC 401™ memiliki kandungan 5 Asam Organik yang masing-masing memiliki fungsi untuk memacu pertumbuhan. Kelima Asam Organik tersebut antara lain Asam Fumarat, Asam Laktat, Asam Format, Asam Propionat, dan Asam Sitrat. Kekuatan 5 Asam Organik ini sebagai growth promoters yaitu membunuh bakteri patogen tanpa membunuh bakteri baik, sebagai sumber energi, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, menurunkan Feed Convertion Rate (FCR), dan meningkatkan kecernaan pakan.
Keuntungan Menggunakan ACIDTEC 401™ dalam Pakan Unggas
Keuntungan menggunakan ACIDTEC 401™ dalam pakan ayam petelur antara lain meningkatkan produksi telur, mengurangi jumlah telur yang kotor, meningkatkan bobot telur, meningkatkan ketebalan kerabang telur, meningkatkan volume kuning telur, dan tidak ada residu produk dalam telur. Keuntungan menggunakan ACIDTEC 401™ dalam pakan ayam pedaging antara lain dapat meningkatkan berat badan, meningkatkan pertambahan bobot harian, menurunkan FCR, mengurangi kontaminasi bakteri pada karkas, dan tidak ada residu produk yang ditemukan di karkas ayam.
Produk ACIDTEC 401™ memberikan angin segar bagi para peternak karena dengan pelarangan penggunaan AGP dikhawatirkan akan berdampak pada penurunan kualitas dan kuantitas hasil produksi. Seminar ini sangat menekankan keunggulan dan efek positif penggunaan ACIDTEC 401™.

Baca Juga : Memaksimalkan Perlindungan Ternak Sedini Mungkin

Cara Kerja ACIDTEC 401™
Terdapat lima kandungan Asam organik pada ACIDTEC 401™ yang memiliki cara kerja berbeda sebagai growth promoters. Asam Fumarat dapat memaksimalkan produksi energi ternak dengan mempengaruhi Siklus Krebs. Asam Laktat dapat meningkatkan kecernaan pakan dengan meningkatkan sekresi enzim pencernaan. Asam Format dapat meningkatkan penyerapan nutrisi di usus. Asam Propionat dapat meningkatkan produktifitas ternak dengan meningkatkan penyerapan glukosa dalam tubuh. Asam Sitrat berguna untuk meningkatkan penyerapan mineral mikro dan mencegah penggunaan mineral untuk pertumbuhan bakteri merugikan.
Cara Penggunaan ACIDTEC 401™
Ms. Chalita Wongpukdee merekomendasikan untuk menggunakan ACIDTEC 401™ sebanyak 2 kg/Ton untuk ayam Layer dan Broiler pada semua tahap pertumbuhan ayam. Pemberian ACIDTEC 401™ pada ayam broiler bertujuan untuk menurunkan nilai mortalitas dan meningkatkan kecernaan pakan saat periode starter, meningkatkan pertumbuhan dan menjaga kesehatan pada periode grower, serta meningkatkan pertumbuhan dan mengurangi jumlah bakteri jahat pada saluran pencernaan pada periode finisher.
Pemberian ACIDTEC 401™ pada ayam layer bertujuan untuk mencapai bobot tubuh ideal saat periode starter, meningkatkan keseragaman dan mempersiapkan masa produksi pada periode pullet, dan meningkatkan produksi telur, kualitas telur, serta kesehatan ayam pada periode laying.
Potensi Ekonomi Penggunaan ACIDTEC 401™
Masyarakat sudah banyak yang sadar akan pentingnya produk organik bagi kesehatan. Salah satu syarat produk organik adalah bebas residu antibiotik. Dewasa ini permintaan telur dan daging ayam organik sangat diminati oleh masyarakat. Hal ini tentu menjadi target pasar baru untuk para peternak agar menghasilkan produk organik. Dengan menggunakan ACIDTEC 401™ peternak dapat menghasilkan produk organik yang berkualitas. European Food Safety Autherity (EFSA) dan FDA Gras America sudah menjamin keamanan produk daging dan telur yang dihasilkan melalui pemberian ACIDTEC 401™. Adv