Acara Public Awareness Pemotongan Hewan Kurban yang bertempat di Masjid Raya Al Azhar Jakarta Timur (3/8).
POULTRY INDONESIA, Jakarta – Menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 H yang akan jatuh pada  22 Agustus mendatang, Kementerian Pertanian gelar acara Public Awareness Pemotongan Hewan Kurban yang bertempat di Masjid Raya Al Azhar Jakarta Timur (3/8). Acara rutin tahunan Kementan ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) bersama dengan pemerintah daerah yaitu Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta dan Pengurus Yayasan Pesantren Al Azhar. 
Acara tersebut digelar sebagai salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya pemilihan hewan kurban yang baik disertai cara penyembelihan yang sesuai dengan kaidah yang benar, tentunya hal ini tak lepas karena agar terciptanya daging yang baik untuk dikonsumsi masyarakat. 
Baca juga : Memasuki Era Industri 4.0, IPB Gelar Seminar Kewirausahaan
Tidak hanya sosialisasi, dalam acara yang dihadiri oleh Direktur Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh. I Ketut Diarmita, MP., Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Viva Yoga Mauladi, dan sejumlah pejabat daerah tersebut juga diikuti dengan Pelepasan Tim Pemantauan Kurban 1439 H, serta peragaan pemotongan hewan kurban dan penanganan daging kurban yang ASUH (Aman Sehat Utuh dan Halal).
Dalam pidatonya, Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, drh. Syamsul Ma’arif, M.Si., selaku ketua panitia berharap dalam penyelenggaraan acara ini nanti akan berjalan dengan lancar dan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat. “Acara ini diselenggarakan untuk terus mengingatkan masyarakat agar dalam pelaksanaan kurban nanti sesuai dengan syariat agama dan kaidah veteriner yang sudah ditentukan sebagai upaya untuk dapat memperlakukan hewan ternak dengan baik dan masyarakat juga akan mendapatkan daging yang ASUH,” ungkap Syamsul.