Press Conference di Gedung C Kementan yang dipipmpin oleh Dirjen PKH (tengah) (PI/Domi)
POULTRY INDONESIA, Jakarta – Bertempat di Gedung C Kementerian Pertanian RI, Selasa,(8/5), Kementerian Pertanian menyatakan sikap terkait dengan isu impor daging ayam dari Brasil yang kembali mencuat ke permukaan.
Berdasarkan pernyataan dari Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita MP, pihak Kementerian Pertanian secara tegas tidak akan impor ayam dari Brasil.
Menurut Ketut, berdasarkan pertemuan antara pihak Kementerian Pertanian RI dan Brasil, tercapai kesepakatan kedua belah pihak hanya akan memasukkan daging sapi ke Indonesia. “Ini merupakan kesepakatan kedua belah pihak antara Indonesia dan Brasil bahwa hanya daging sapi yang akan masuk ke Indonesia, sedangkan ayam tidak,” jelas Ketut.
Baca Juga :
Stok daging ayam yang sudah over supply pada beberapa waktu yang lalu, menjadi pertimbangan utama mengapa pihak kementerian pertanian enggan untuk menyetujui masuknya daging ayam ke Indonesia. “Selain itu juga produk unggas Indonesia sudah mampu ekspor ke 6 negara lain,” tambah Ketut.
Selanjutnya, Ketut juga menjelaskan dalam poin kesepakatan antara pihak Kementerian Brasil dan Indonesia adalah pengembangan SDM di Indonesia. “Bagaimana agar SDM di Indonesia itu bisa berkembang, maka kami mengusahakan agar SDM di Indonesia itu belajar ke Brasil untuk transfer ilmu dan teknologi,” ujar Ketut. Domi