POULTRY INDONESIA, Jakarta – Senin pagi (16/07) di ruang rapat Gedung C, Kementerian Pertanian RI, Ragunan, Jakarta telah diadakan Public Hearing mengenai Petunjuk Teknis perihal Medicated Feed. Acara tersebut dipimpin oleh Direktur Kesehatan Hewan Fadjar Sumping Tjatur Rasa, juga Direktur Pakan Sri Widayati. Perlu digarisbawahi bahwa Medicated Feed merupakan obat yang diberikan kepada ternak, dengan dicampurkan ke dalam pakan.
Petunjuk teknis mengenai Medicated Feed merupakan turunan dari Permentan No. 14 Tahun 2017 tentang klasifikasi obat hewan dimana di dalamnya tercantum Medicated feed atau pakan untuk keperluan pengobatan. Dalam pelaksanaan penyediaan medicated feed memang dibutuhkan beberapa petunjuk teknis agar tidak membingungkan para pelaku di lapangan.
Obat hewan dalam klasifikasi obat keras dan bebas terbatas dapat digunakan untuk terapi dengan media pembawa berupa pakan, perlu ada batasan. Baik jenis, dosis terapi dan pengawasan dari aspek farmakologis maupun aspek efektifitas, keamanan dan efisiensi. Domi