UGM Selenggarakan kajian untuk peternak agar dapat mengoptimalisasikan pemeliharaan
POULTRYINDONESIA, Jakarta – Industri perunggasan Indonesia berkembang sangat dinamis dan cepat, baik dalam hal populasi hingga performa produksinya yang menunjukkan perkembangan yang semakin meyakinkan. Hal ini menuntut peternak dapat mengoptimalisasikan pemeliharaan, sehingga mendapat hasil yang maksimal. Sektor perunggasan, khususnya ayam telah berperan besar dalam pemenuhan protein hewani masyarakat Indonesia. Berdasarkan data statistik peternakan tahun 2017, populasi ayam ras pedaging (broiler) mencapai 1,59 Milyar ekor, ayam ras petelur (layer) mencapai 162 juta ekor dan ayam bukan ras (buras) mencapai 299 juta ekor. Produksi daging unggas menyumbang 83% dari penyediaan daging nasional, sedangkan produksi daging ayam ras menyumbang 66% dari penyediaan daging nasional.
Industri perunggasan menjadi salah satu industri yang berkembang dengan sangat dinamis dan cepat. “Ke depan hal seperti ini akan terus dikembangkan. Dengan terus berkembangnya sektor perunggasan, maka akan semakin banyak sisi yang harus ditingkatkan dalam pemeliharaannya,”kata Nabia Hamdani selaku National Manager PT Cargill Indonesia pada sambutannya di sebuah acara Farmers Gathering dengan tema “3 Phase for Better Profit” di Yogyakarta (27/11). Hamdani juga berharap pertemuan peternak ini dapat menjadi momentum dalam peningkatan bisnis ayam, sehingga dengan pemeliharaan yang optimal didapatkan untung yang maksimal.
Acara yang diselenggarakan oleh Cargill Indonesia dan didukung oleh Zoetis tersebut diikuti oleh peternak ayam yang berasal dari berbagai daerah, di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Salah satu narasumber yang hadir dalam acara itu adalah konsultan independen Tony Unandar yang memaparkan tentang adanya faktor teknis dan non teknis yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan ayam modern. Faktor teknis meliputi genetika, cuaca dan mutasi patogen. Sedangkan faktor non teknis meliputi regulasi dan tuntutan konsumen. “Peternak saat ini dituntut mampu mengikuti pola pemeliharaan ayam modern dengan cepat,” ucap Tony Unandar.
Artikel ini adalah artikel lengkap yang telah dimuat di Majalah Poultry Indonesia Edisi Desember 2018 di halaman 47 dengan judul “Mengoptimalkan Pemeliharaan Unggas”. Untuk berlangganan atau informasi lebih lanjut silahkan mengirim email ke: sirkulasi@poultryindonesia.com atau hubungi 021-62318153