Tim Nutriad di Indo Livestock 2018.
Di era AGP-free seperti saat ini, Nutriad sebagai salah satu perusahaan global di industri nutrisi dan kesehatan hewan telah hadir dengan banyak pilihan produk natural yang dikembangkannya sejak lama untuk memberikan proteksi dan kesehatan terhadap hewan. “Pameran ini menjadi momen yang tepat untuk kembali membuka wawasan peternak tentang pentingnya menjaga kesehatan dan performa hewan dengan langkah yang baik dan aman, terutama ketika pelarangan AGP sudah diterapkan,” ujar BK Chew, Regional Director Asia-Pacific Nutriad saat ditemui di pameran Indo Livestock 2018 yang berlangsung pada 4-6 Juli 2018 di JCC Senayan.
Ia mengatakan, selama 7 tahun Nutriad berpartisipasi di Indo Livestock, pameran ini semakin besar dengan kualitas pengunjung yang sangat bagus dari tahun ke tahun. “Customer kita dari feedmill, integrator, dan peternak selalu hadir mengunjungi kami, baik di pameran sebelumnya sampai pameran kali ini, jadi saya pikir ini hal yang sangat baik,” lanjutnya. Menurutnya, Asia merupakan market yang potensial bagi industri peternakan. Hal inilah yang membuat Nutriad memberikan fokus perhatiannya untuk mengembangkan bisnis di Asia termasuk di Indonesia.
Bagi Nutriad, pameran juga menjadi ajang untuk bertemu dan berdiskusi dengan para pelanggan.
Chutaemil Marom, Country Manager Nutriad Indonesia, di sisi lain menuturkan bahwa Nutriad ingin hadir untuk memberikan solusi dengan produk-produk non-antibiotik miliknya yang telah tersedia di Indonesia. “Kami ingin memberikan kepedulian kepada masyarakat bahwa penggunaan antibiotik yang berlebihan dan tidak terkontrol bisa menimbulkan dampak negatif, salah satunya adalah resistensi,” ungkap Emil, panggilan akrab Chutaemil Marom. Untuk meningkatkan awareness tersebut, Nutriad secara global juga terlibat aktif dalam berbagai konferensi dan seminar yang berbicara tentang nutrisi dan kualitas pakan hewan.
Solusi kesehatan hewan
Fungsi intestinal dapat bekerja dengan baik sangat penting karena akhirnya akan berdampak pada kesehatan dan performa hewan. Jika kesehatan dan performa terganggu maka profitabilitas juga akan berkurang. Hal ini sangat krusial bagi pelaku usaha di industri peternakan.
Langkah yang tepat sangat diperlukan dalam rangka menjaga kesehatan hewan, yang tidak kalah penting adalah aman digunakan bagi hewan.
Pada seminar teknis yang diselenggarakan Nutriad selama pameran Indo Livestock berlangsung menjadi wadah untuk berbagi informasi terkait hal tersebut. Glenn Alfred Ferriol, Area Manager – Phillipines, Indonesia & Malaysia sebagai narasumber mempresentasikan berbagai langkah dan solusi yang ditawarkan oleh Nutriad untuk menjaga kesehatan intestinal.
Dalam setiap pengembangan produknya, sudah menjadi suatu keharusan bagi Nutriad untuk melakukan serangkaian uji baik di laboratorium dan di lapangan, seperti lab screening. “Sebelum produk kami diperkenalkan di market, telah dilakukan uji untuk membuktikan efikasinya sesuai dengan kondisi yang relevan dengan permasalahan peternak di lapangan,” tutur Glenn.
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi stan Nutriad.
Program terpadu
Di sektor unggas dan babi, Nutriad memiliki dua program yaitu Digestive Performance dan Mycotoxin Management. Masing-masing program memiliki jajaran produk yang dirancang untuk mencapai kesehatan dan performa ternak yang optimal.
Dalam program Digestive Performance terdapat ADIMIX® Easy dan ADIMIX®30 Coated atau bisa disebut ADIMIX Precision yang dirancang untuk memberikan efek maksimum secara presisi/tepat khusus untuk unggas dan babi merupakan sediaan asam butirat. Butirat sendiri memiliki manfaat untuk membantu memperkuat fungsi intestinal dan mendukung metabolisme hati. Produk ini menerapkan prosedur khusus untuk menyediakan sumber butirat yang mudah diaplikasikan. Melalui produk ini, performa dan produktifitas hewan dapat meningkat. ADIMIX®30 Coated memiliki potensi untuk memicu efek butirat yang menguntungkan di seluruh saluran pencernaan pada unggas dan babi.
“Produk ini sudah diregistrasi di Indonesia 4 tahun lalu bahkan sudah digunakan secara global. Namun, saat itu peternak belum banyak yang aware dengan bahaya penggunaan antibitoik. Tetapi kita sudah terlebih dahulu muncul dengan produk non-antibiotik. Dengan pengalaman kami di industri ini, kami berusaha untuk memberikan solusi yang terbaik,” ujar Glenn.
Sedangkan pada program Mycotoxin Management, Nutriad memiliki jajaran produk Unike Plus, Toxy-Nil Plus, dan Toxy-Nil. Unike Plus merupakan solusi terbaik untuk melawan mikotoksin dengan spektrum luas (broad-spectrum) di pakan yang terkontaminasi mikotoksin. Selain itu, mampu mendukung fungsi optimal imunitas, reproduksi, antioksidan, dan sistem pencernaan sesuai dengan kondisi di lapangan. Memastikan hati, GIT, dan organ lainnya berfungsi tanpa interfensi dari toksin dan konsistensi performa secara keseluruhan juga menjadi manfaat yang bisa dihasilkan dari produk ini.
Produk Toxy-Nil Plus memiliki manfaat, antara lain proteksi yang efektif melawan mikotoksin dengan spektrum luas, mendukung imunitas hewan dan sistem antioksidan serta meningkatkan fertilitas dan performa hewan. Sedangkan Toxy-Nil memiliki sejumlah manfaat, antara lain efektif melawan kontaminasi mikotoksin single dan low-level hingga mendukung kesehatan hewan. Selain itu, ada pula program yang dinamakan Perservation & Functional Ingredients dengan produknya yaitu Mold-Nil dry, Mold Nil Liquid dan Oxynil Dry. Mold Nil merupakan produk anti jamur sedangkan Oxynil dry sebagai produk Antioxidan. Produk ini dapat menjaga kualitas dari bahan baku pakan dan atau pakan selama produksi dan penyimpanan sehingga dapat mencegah penjamuran, ketengikan atau rancidity. Pakan terjaga dengan baik, dengan nilai gizi yang baik dan palatable, mampu mendukung kesehatan dan performa hewan serta mencegah cemaran mikotoksin.
Nilai lebih yang ditawarkan oleh Nutriad tidak hanya sebatas pada produknya saja. Pelayanan maksimal untuk para customer pun tidak kalah pentingnya. Oleh karena itu, Nutriad merancang aplikasi MycoMan yang dapat diunduh secara gratis di Play Store (Android) dan App Store (IOS), yang berfungsi untuk mengukur kandungan mikotoksin secara akurat dalam bahan baku pakan atau pakan jadi baik untuk unggas, swine, ruminansia hingga akuakultur. Kedepan, Nutriad akan terus mengembangkan produk dan pelayanannya, khususnya di wilayah Asia, dengan menghadirkan inovasi-inovasi baru. Di Indonesia, produk-produk Nutriad di distribusikan oleh PT. Kalbe Farma Animal Health Division.