Muladno menceritakan berbagai macam lika-liku yang terjadi di dunia peternakan yang dirangkum dalam buku karangannya
POULTRYINDONESIA, Bogor – Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA memperkenalkan buku karangannya yang kesembilan dalam acara launching & bedah buku “Realita di Luar Kandang III Dirjen 1516” (26/6) yang terselenggara di Gedung Bimbingan Teknis (Bimtek), Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH), Bogor.
Pada sambutan beserta ulasan singkat dari seri buku sebelumnya yaitu Realita Diluar Kandang I & II, Muladno bermaksud untuk memperkenalkan buku karangannya yang menceritakan dirinya semasa menjadi Dirjen PKH selama tahun 2015-2016 atau dalam kurun waktu 13 bulan 12 hari beserta Sekolah Peternakan Rakyat. Ia mengucapkan rasa terimakasihnya bagi pihak-pihak yang mendukung Sekolah Peternakan Rakyat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Pertanian Bogor (SPR LPPM IPB) yang dipimpinnya.“Dua peternak kami sudah kami kirim ke Austria, kira-kira empat tahun lalu, Pak Wagiman salah satunya untuk memberikan testimoni,” Jelasnya.
Baca Juga : Sinergi Industri dan Akademisi Wujudkan Modernisasi Budi Daya Unggas
Acara dilanjutkan dengan sesi bedah buku yang dimoderatori oleh Dr. Ir. Rachmat Pambudy, MS. Menurutnya, buku yang telah dibacanya secara singkat ini banyak hal yang menarik yang dibahas baik peternakan sapi maupun perunggasan.
Wagiman Selaku Ketua Gabungan Perwakilan Pemilik Ternak (GPPT) yang merupakan perkumpulan peternakan Sentra Peternakan Rakyat (SPR) Musi Banyuasin. Wagiman juga merupakan peternak sapi dengan populasi 28 ekor. Saat sesi bedah buku, Wagiman menyatakan bahwa sebelum mengikuti SPR, Ia hanya menjalankan peternakannya dengan cara warisan turun-temurun. Perbedaan yang Ia rasakan setelah mengikuti SPR yaitu dapat mengembangkan pola pikirnya dalam pemeliharaan ternaknya. Esti