Para narasumber berbagi pengalaman dan kiat berwirausaha dalam Kuliah Umum di FIA UI, Kamis (13/12).
POULTRY INDONESIA, Jakarta – Strategi bisnis berbasis sumber daya alam (SDA) terus ditata dalam menyambut bermacam peluang. Iklim bisnis yang dinamis membuat para pengusaha berlomba menciptakan produk terbaik dengan proses produksi yang efisien dan berkesinambungan. Dalam hal itu, peternakan pun menjadi salah satu sektor yang semakin dioptimalkan untuk mengisi pundi-pundi keuntungan.
CEO Perkasa Grup, Audy Joinaldy, berujar bahwa Indonesia membutuhkan lebih banyak para pengusaha di bidang perunggasan. Hal itu berdasarkan pada kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap protein hewani yang senantiasa meningkat setiap tahunnya. Namun, menurut Audy, jumlah para pengusaha di bidang ini masih terbatas.
“Jumlah entrepreneur kita saat ini masih di bawah 2%. Kita masih tertinggal jika dibandingkan dengan Thailand 3%, Malaysia 5%, Singapura 7%, dan China yang bahkan sudah mencapai 14%,” ujar Audy pada sebuah Kuliah Umum di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Indonesia (UI), Kamis (13/12).
Baca juga : Pengemasan dan Transportasi Merupakan Hal terpenting dalam Pemasaran
Melihat jumlah itu, Audy meyakini bahwa potensi bisnis perunggasan ke depannya semakin terbuka. Apalagi, mengingat sektor pertanian—yang juga termasuk peternakan di dalamnya—merupakan sektor yang dominan bagi angkatan kerja Indonesia dengan persentase 34%. Unggul dibandingkan sektor perdagangan yang berjumlah 21,6% ataupun transportasi dan komunikasi yang berjumlah 4,5%. Sektor lain seperti jasa, keuangan, konstruksi dan industri pengolahan pun masih kalah dibandingkan pertanian.  
“Semakin banyak produsen dan konsumen produk unggas di Indonesia, maka semakin berkualitas sumber daya manusia kita. Amerika dan Jepang yang tinggi tingkat konsumsi protein hewaninya terbukti memiliki daya saing yang bagus,” ungkap Audy.
Untuk menarik minat para wirausahawan muda, Audy bahkan siap membantu. “Syaratnya buat proposal terlebih dahulu, kemudian kirim ke saya dan nanti akan saya pilih,” imbuhnya.
Pada Kuliah Umum yang mengusung tema “Peluang, Tantangan dan Strategi Bisnis Berbasis Sumber Daya Alam” itu, juga dihadiri oleh narasumber lain yaitu Guru Besar FIA UI Prof. Dr. Chandra Wijaya, serta CEO AKA Group Joi Kahar yang juga merupakan ayah dari Audy Joinaldy. Para narasumber berbagi kiat dan pengalaman mereka seputar kewirausahaan dan mengajak para peserta Kuliah Umum untuk semangat membuka lapangan pekerjaan.