POULTRYINDONESIA, Tokyo – Menjelang persiapan Olimpiade Musim Panas yang akan diselenggarakan di Tokyo pada tahun 2020, Jepang kini gencar mengeksplorasi pasar halal melalui penyelenggaraan Halfest Tokyo 2018 (Halal Festival) yang diselenggarakan pada tanggal 27-29 November 2018 di Tokyo. Halfest Tokyo diikuti oleh 380 perusahaan produsen makanan yang menempati 430 stan di area pameran yang bertempat di Ryutsu Tokyo Center, Tokyo.
Dalam perhelatan Olimpiade 2020, nantinya Jepang  akan menyambut sedikitnya 1 juta atlet dari seluruh dunia tentunya kedatangan pengunjung Muslim dari berbagai negara yang akan menjadi bagian dalam perhelatan olah raga akbar tersebut, yang tentu saja membutuhkan pasokan makanan dan minuman yang wajib berlabel halal.
Dalam acara yang pertama kalinya diadakan di Jepang ini, HalFest Tokyo cukup berhasil menyedot pengunjung, di hari pertama pembukaan pameran tercatat kurang lebih 1.000 orang hadir mengunjungi gerai makanan dan minuman yang menempati area pameran.
Sariraya, Co.Ltd sebagai salah satu perusahaan pemasok makanan halal di Jepang yang bertempat di Prefektur Aichi, Nagoya, mencoba ikut meramaikan perhelatan tersebut dengan menampilkan produk andalannya antara lain Fiesta, Tempe dan aneka snack halal produksi Indonesia yang telah bersertifikat MUI. Teguh Wahyudi, CEO Sariraya, Co.Ltd mengatakan, “keikutsertaan Sariraya di Halfest Tokyo untuk semakin memperkenalkan produk makanan halal dari Indonesia kepada masyarakat Jepang secara khusus dan masyarakat asing yang ada di Jepang, yang kami rasa dari hari ke hari penggemarnya semakin banyak di sini. Apalagi setelah selesainya acara Asian Games di Indonesia, dimana Jepang cukup banyak mengirimkan para atlet dan delegasinya untuk berlaga yang mana mereka tentunya telah banyak mencicipi ragam makanan produk Indonesia, dan festival ini menjadi obat rindu bagi mereka yang kangen dengan cita rasa makanan Indonesia”, ujar Teguh.

Banyak juga pengunjung lokal bertandang ke stan Sariraya selain para mahasiswa asal Indonesia

Salah satu produk olahan ayam yang menjadi menjadi andalan Sariraya untuk ditampilkan di stan mereka adalah Fiesta, yang mana ragam produk Fiesta telah diakui benar-benar bercitra rasa Indonesia dan banyak disukai. Produk Fiesta telah memenuhi standar pengolahan berkualitas Jepang, hal ini di tandai dengan telah lolos uji produk Fiesta dari MAFF Jepang (Ministry of Agriculture, Forestry and Fisheries) yang telah bekerja sama dengan Kementerian Pertanian Indonesia dan Kementerian Perdagangan Indonesia.

Teguh berharap dengan keikutsertaan perusahaannya dalam festival kali ini, cita rasa produk-produk makanan Halal  Indonesia bisa semakin diterima oleh masyarakat Jepang dan semakin memperluas pasarnya di Jepang, sehingga produk makanan halal Indonesia dapat di jumpai dimana pun dan semoga kedepannya produk makanan halal bisa menjadi salah satu produk yang terpilih untuk hidangan atlit dan tamu pada Olimpiade Musim Panas 2020. (Sumber Foto: Hendra)