Promosi Ayam Halal B2 Brasil (Foto by B2Brasil)
POULTRY INDONESIA, Jakarta – Populasi umat Islam dunia saat ini diperkirakan sebesar 1,7 milyar orang, dan sebagian besar di antaranya hanya mengonsumsi daging halal. Namun dari mana sumber daging mereka berasal? Menjawab pertanyaan tersebut, Rafiuddin Shikoh, chief executive dan managing director pada lembaga riset DinarStandard mengatakan bahwa sebagian besar daging yang diekspor ke negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim berasal dari negara-negara non-Muslim. “Saat ini, ruang pangan halal sudah menjadi bagian dari rantai pangan global,” ujarnya. “Pemasok terbesar justru negara-negara yang bukan anggota Organisation of Islamic Cooperation (OIC).
Brazil merupakan pemasok produk unggas halal terbesar, sedangkan India merupakan eksportir produk daging sapi halal terbesar. Dari 57 negara berpenduduk mayoritas muslim, 90% produk dagingnya berasal dari luar,” tambah Shikoh. Sementara Brazil, India, dan Australia merupakan pemasok daging utama negara-negara OIC, sejumlah anggota OIC juga tengah berupaya meningkatkan ekspor daging halalnya, seperti Pakistan, Turki dan Iran. Pasar negara-negara non-OIC seperti Thailand, Korea Selatan, dan Cina juga menunjukkan peningkatan produksi pangan halal.
Baca Juga :
Mohammed Aminuddin Sham Tajuddin, direktur halal, F&B and Agro Products Section MATRADE, Badan Promosi Perdagangan Malaysia mengatakan bahwa negara-negara yang berpenduduk mayoritas bukan Muslim seperti Cina, Jepang, Amerika Serikat, Brazil dan Inggris mulai muncul sebagai pemain produk halal. “Inggris, misalnya, mengimpor makanan senilai $25,5 milyar per tahun, sedangkan pasar halal Amerika Serikat diperkirakan bernilai $18 milyar. Cina juga bersiap menjadi net importir makanan dan minuman halal sepuluh tahun mendatang dan sekaligus eksportir bahan baku halal terbesar dunia,” ujar Tajuddin.
Menurut data MATRADE, Malaysia mengekspor $10,9 milyar produk halal pada 2016, meningkat 7,1% dari tahun 2015. Sementara itu, pada tahun 2015, 57 negara anggota OIC mengimpor pangan senilai $15,88 milyar dari Brazil. Ini ekuivalen dengan 8,4% dari total impor pangan negara-negara OIC. Dari nilai tersebut, sekitar $5,2 milyar untuk membeli daging dan ternak hidup dari Brazil. Domi, Elin
Artikel ini adalah kutipan dari artikel lengkap yang telah dimuat di Majalah Poultry Indonesia Edisi April 2018 di halaman 54 dengan judul “Siapa Pemasok Daging Ayam Halal Dunia?. Untuk berlangganan atau informasi lebih lanjut silahkan mengirim email ke: sirkulasi@poultryindonesia.com atau hubungi 021-62318153