Sarasehan Peternak Ayam Indonesia dan Deklarasi APAI yang berlangsung di Bali (29/4).
POULTRY INDONESIA, Bali – Sarasehan Peternak Ayam Indonesia dan Deklarasi pembentukan Asosiasi Peternak Ayam Indonesia (APAI) dilangsungkan di Hotel Jimbarwarna Negara, Bali, pada 29-30 April 2018 lalu. Acara yang digagas oleh PT Nurindo Agri Pratama ini juga diisi dengan seminar yang menghadirkan Jenderal Purn. TNI Gatot Nurmantyo sebagai keynote speaker.
Dalam pembahasannya mengenai peranan peternak dalam mempertahankan ketahanan pangan, Gatot menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki sumber daya manusia maupun alam yang melimpah.
APAI merupakan perkumpulan peternak dari berbagai latar belakang, mulai dari praktisi, akademisi, insinyur, dan lain sebagainya.
Baca juga : Rakernas Gopan, Perkuat Posisi dalam Pembangunan Perunggasan
Agus Yohani selaku Ketua Panitia acara mengungkapkan bahwa perkumpulan ini bermula dari grup peternak yang kerap melakukan diskusi melalui layanan pesan instan WhatsApp. “Kita sering melakukan diskusi mengenai ayam, tentang bagaimana manajemen yang lebih baik dari sisi kesehatan maupun teknologi,” ucap Agus.
Diskusi ini memunculkan berbagai inovasi sehingga akhirnya timbul gagasan untuk berkumpul dan membentuk asosiasi. “Semoga kita bisa menyatukan langkah membangun peternakan ke depan yang lebih baik,” harapnya.