POULTRY INDONESIA, Jakarta – Dalam majalah Poultry Indonesia edisi April lalu, kami sudah memberikan gambaran sekilas mengenai SPACE, sebuah pameran peternakan terbesar di benua Eropa yang akan kembali diselenggarakan di kota Rennes, Prancis pada 11-14 September 2018 mendatang. Apabila tahun ini Anda berkeinginan mengunjungi pameran SPACE, jangan sampai rencana itu gagal jika Anda terkendala dengan dokumen pembuatan Visa Schengen. Berikut dalam edisi Juni ini kami akan ulas secara singkat bagaimana caranya pengunjung internasional dari Indonesia dapat mengunjungi SPACE.
Sudah menjadi keharusan jika kita berpergian ke benua Eropa kita membutuhkan Visa Schengen, sebuah dokumen tertempel dalam paspor yang menyatakan kita boleh mengunjungi negara Prancis dan juga sedikitnya 25 negara yang tergabung dalam Uni Eropa. Pastinya dalam pembuatan Visa Schengen tersebut ada beberapa dokumen yang tidak bisa kita sediakan sendiri dan juga oleh agen travel kita, salah satunya Surat Undangan. Surat Undangan menjadi penting jika tujuan kita dalam hal ini berkunjung ke negara Prancis terkait kunjungan pameran SPACE (urusan bisnis). Jadi kita harus dibekali surat yang berisi undangan untuk mengunjungi SPACE dari pihak penyelenggara.
Penyelenggara pameran SPACE dengan tangan terbuka menyambut kunjungan dari pengunjung internasional, sehingga untuk itu mereka memberikan kemudahan dalam pemberian Surat Undangan kepada calon pengunjung internasional yang membutuhkan dokumen tersebut untuk syarat pembuatan Visa di negara asalnya masing-masing. Selain Surat Undangan, pihak SPACE juga memberikan subsidi dalam hal tiket masuk pameran dengan menggratiskan tiket masuk bagi pengunjung internasional dan pelajar agrikultur. Selama ini tiket masuk pameran selain pengunjung internasional dan pelajar memiliki tarif sebesar 17 Euro (sekitar Rp 270.000) untuk satu kali masuk pameran.
Lalu, bagaimana cara kita mengajukan Surat Undangan kepada pihak SPACE? Hal tersebut cukup mudah, Anda hanya perlu mengunjungi situs uk.space.fr. Setelah masuk ke situs SPACE maka sortir ke menu Internasional dan kemudian pilih ‘Need a Visa’? Jika Anda sudah mengklik maka akan ada tampilan kolom kosong yang harus dilengkapi dengan data Anda, dimulai dari identitas diri, asal perusahaan, sektor pekerjaan, detail paspor dan sebagainya. Umumnya data tersebut harus dilengkapi dengan keterangan sebenar-benarnya. Setelah lengkap dan valid maka klik tombol ‘Send’, dan biasanya dalam 3-4 hari kita sudah mendapat email balasan berupa Surat Undangan dari pihak SPACE.
Jika Surat Undangan sudah di tangan, Anda tinggal menghubungi agen travel untuk membantu kelengkapan dokumen lainnya dalam pembuatan Visa. Prancis merupakan negara favorit bagi turis yang ingin melancong ke benua Eropa, maka rencanakanlah dari jauh-jauh hari pengajuan aplikasi Visa Schengen Anda melalui Visa Section Kedutaan Prancis, dan tampaknya awal bulan Juli merupakan waktu yang tepat untuk pengajuan visa Anda. Selamat mencoba!
Info lebih lanjut terkait pengajuan surat undangan SPACE dapat menghubungi Tim Poultry Indonesia (021-62318153 / promo.poultryindo@gmail.com)