Presiden Joko Widodo saat mengunjungi stan Charoen Pokphand Indonesia

POULTRY INDONESIA, Jakarta – Himpunan Kerukunan Tani Indonesia atau HKTI menggelar pameran ASAFF yaitu Asian Agriculture & Food Forum di Jakarta Convention Center pada tanggal 28-30 Juni 2018 lalu. Acara yang digelar selama 3 hari tersebut merupakan salah satu acara yang mengusung tema umum mengenai Agricultural Innovation & Food Security.

Dalam acara yang dibuka dan diresmikan oleh Presiden RI tersebut mengundang antusias dari banyak kalangan, di antaranya menteri dan pimpinan lembaga tinggi negara, kepala daerah, organisasi, perusahaan, sampai para petani. Dalam sambutannya saat membuka dan sekaligus meresmikan Asian Agriculture & Food Forum (ASAFF) tahun 2018 di Istana Negara, Kamis 28 Juni 2018, Presiden Joko Widodo mengutarakan beberapa hal, di antaranya pentingnya peningkatan diversivitas produk, adanya pengawasan lebih tentang dana desa, dan para petani dihimbau untuk meningkatkan pengetahuan tentang jaringan pemasaran pertanian.

Guntur Subagja selaku Ketua Media Center HKTI yang ditemui di sela-sela acara menjelaskan bahwa ada 5 program utama yang diusung dalam acara ini, yang meliputi Konferensi Pangan Asia, Pameran Pertanian Asia, Forum Bisnis, Food Festival, dan Anugerah Penghargaan Inovasi Pertanian, “Bagaimana ASAFF ini betul-betul menjadi forum ekonomi yang bisa memberikan dampak besar terhadap kesejahteraan petani,” tandas Guntur. Ia juga berharap besar bahwa nantinya Indonesia bisa mengembangkan rempah yang nantinya bisa menjadi lumbung unggulan di dunia.